skip to Main Content

VISI dan MISI

VISI 

“Unggul disetiap pelayanan, menuju masa depan puskesmas yang cemerlang”

MISI 

  1. Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau masyarakat.
  2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang profesional dan berkomitmen tinggi.
  3. Meningkatkan pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.

 

HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN

HAK PASIEN :

  1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Puskesmas.
  2. Mendapatkan informasi atas :
    1. Penyakit yang diderita;
    2. Tindakan medis yang akan dilakukan dan kemungkinan penyulit akibat tindakan tersebut, cara mengatasinya dan alternatif lainnya;
    3. Upaya pencegahan agar penyakit tidak kambuh lagi atau pencegahan agar anggota keluarga/orang lain tidak menderita yang sama.
  3. Meminta konsultasi medis.
  4. Menyampaikan pengaduan, saran, kritik dan keluhan berkaitan dengan pelayanan.
  5. Memperoleh layanan bermutu, aman, nyaman, jujur dan manusiawi.
  6. Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit dideritanya kecuali untuk kasus KLB yang dapat membahayakan masyarakat.
  7. Mendapat informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, resiko dan komplikasi yang mungkin terjadi dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan.
  8. Keluarga dapat mendampingi saat menerima pelayanan kesehatan.

KEWAJIBAN PASIEN :

  1. Membawa kartu identitas.
  2. Membawa kartu jaminan kesehatan.
  3. Mengikuti alur Puskesmas.
  4. Mentaati aturan pelayanan dan mematuhi nasehat serta petunjuk pengobatan.
  5. Memberikan informasi yang benar dan lengkap tentang masalah kesehatannya kepada tenaga kesehatan di Puskesmas.

 

JAM BUKA PELAYANAN UPT PUSKESMAS SIMARMATA
(SETIAP HARI)

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan : 08.00 WIB S/D 13.00 WIB
PAGI                   : 08.00 WIB  S/D 14.00 WIB (Rawat Jalan)
SORE                  : 14.00 WIB  S/D 20.00 WIB (Emergency)
MALAM              : 20.00 WIB  S/D 08.00 WIB (Emergency)

Pasien Emergency ( Keadaan Darurat ) 24 Jam
Menerima Pasien Peserta JKN/UMUM

 

MAKLUMAT PELAYANAN

“DENGAN INI, KAMI MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN  PELAYANAN KESEHATAN SESUAI STANDAR PELAYANAN KESEHATAN YANG TELAH DITETAPKAN.

DAN APABILA DALAM MENYELENGGARAKAN PELAYANAN KAMI,TIDAK SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN,KAMI BERSEDIA MENERIMA SANKSI SESUAI KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU”

 

MOTTO PUSKESMAS SIMARMATA

Sayangi diri anda dengan gaya hidup sehat”

 

TATA NILAI PUSKESMAS SIMARMATA

  • Sopan : sopan dalam setiap Pelayanan kesehatan
  • Inovatif : berinovatif untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan
  • Mantap : dan teguh hati dalam melayani
  • Ramah : dalam memberikan Pelayanan dan Informasi kesehatan
  • Mampu: memberikan pelayanan kesehatan sesuai SOP
  • Tanggap : merespon dalam memberikan pelayanan kesehatan

BUDAYA PUSKESMAS SIMARMATA

“ Senyum Sapa”

 

JENIS-JENIS PELAYANAN DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS SIMARMATA

A. UPAYA KESEHATAN PERORANGAN

  1. UGD/Emergency
  2. Pelayanan Kesehatan Umum
  3. Pelayanan Kesehatan Gigi
  4. Pelayanan KIA-KB
  5. Pelayanan Persalinan
  6. Pelayanan konseling
  7. Pelayanan Kesehatan lingkungan
  8. Pelayanan HIV/AIDS (VCT) – DOTS
  9. Pelayanan Obat
  10. Pojok ASI
  11. Pelayanan Laboratorium Sederhana
  12. Pelayanan Administrasi dan Informasi

B. UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT
     Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial

  1. Pelayanan Program Promosi Kesehatan
  2. Pelayanan Program Kesehatan Ibu, anak dan KB
  3. Pelayanan Program Gizi
  4. Pelayanan Program pencegahan dan pengendalian penyakit
  5. Pelayanan Program kesehatan lingkungan

     Upaya Kesehatan Masyarakat Pengembangan

  1. Pelayanan Program lansia
  2. Pelayanan Program Posbindu – PTM
  3. Pelayanan Program Kesehatan Jiwa
  4. UKS dan Rematri
  5. Senam Prolanis

RUJUKAN   >>   RSUD Hadrianus Sinaga Pangururan

 

PELAYANAN JARINGAN PUSKESMAS SIMARMATA

PUSKESMAS PEMBANTU :

  • Loket pendaftaran : registrasi pasien
  • Pelayanan Umum : pemeriksaan fisik, pengobatan, konsultasi kesahatan, peresepan dan rujukan
  • Pelayanan KIA – KB/ MTBS MTBM, DDTK : pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan balita, konseling, pelayanan kontrasepsi, imunisasi dasar bagi balita, pemeriksaan tumbuh kembang, pemeriksaan bayi muda dan balita sakit dan rujukan
  • Pelayanan laboratorium sederhana : tes kehamilan
  • Pelayanan Administrasi

POSKESDES :

  • Loket pendaftaran : registrasi pasien
  • Pelayanan umum : pemeriksaan fisik, pengobatan, konsultasi kesehatan, peresepan dan rujukan
  • Pelayanan KIA – KB/ MTBS MTBM, DDTK : pemeriksaan ibu hamil,  pemeriksaan balita, konseling, pelayanan kontrasepsi, imunisasi dasar bagi balita, pemeriksaan tumbuh kembang, pemeriksaan bayi muda dan balita sakit dan rujukan
  • Pelayanan laboratorium sederhana : tes kehamilan
  • Pelayanan Administrasi

 


Plt. KEPALA PUSKESMAS SIMARMATA,

dr. BUHA MB. PURBA
NIP. 19810905 201412 1 001

Back To Top
Search