skip to Main Content

1.      Wilayah Pemerintahan

Wilayah administrasi Pemerintahan Kabupaten Samosir tahun 2005 terdiri dari 9 kecamatan dengan 117 desa/kelurahan, yaitu 111 desa dan 6 kelurahan. Kecamatan Pangururan merupakan kecamatan dengan jumlah desa/keluarahan terbanyak, yaitu 28 desa/kelurahan. Sedangkan Sitiotio merupakan kecamatan dengan jumlah desa/kelurahan yang paling sedikit, yaitu hanya 6 desa.

Dari 117 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Samosir tahun 2005, sekitar 86,32 persen merupakan desa/kelurahan swakarya, 7,70 persen desa/kelurahan swadaya dan sisanya 5,98 persen merupakan desa/kelurahan swasembada.

2.      DPRD

Jumlah anggota DPRD Kabupaten Samosir hasil pemilu tahun 2004 berjumlah 24 orang, terdiri dari 11 orang anggota fraksi Golongan Karya, dan 13 orang anggota Fraksi Gabungan.

Jumlah keputusan DPRD Kabupaten Samosir yang ditetapkan tahun 2005 sebanyak 115 keputusan yang terdiri dari 26 peraturan daerah (Perda), 40 keputusan DPRD, 23 keputusan panitia musyawarah, dan 26 keputusan lainnya.

Berdasarkan kegiatan DPRD, berupa sidang-sidang yang dilakukan,baik sidang istimewa, paripurna, paripurna khusus, rapat komisi,rapat rutin dengan komisi dan lain-lain, tahun 2005 sebanyak 56 kegiatan sidang. Kegiatan panitia khusus dan rapat paripurna merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh DPRD masing-masing 22 dan 12 kegiatan.

3.      Pegawai Negeri Sipil (PNS/CPNS)

Berdasarkan data yang masuk dari dinas, kantor, badan dan instansi jumlah PNS/CPNS dan pegawai BUMN/BUMD di Kabupaten Samosir tahun 2005 berjumlah 2.149 orang.Dari jumlah tersebut 43,83 persen merupakan pegawai laki-laki dan 56,17 persen pegawai perempuan.

Berdasarkan tingkat pendidikan yang ditamatkan, 52,95 persen merupakan PNS/CPNS tamatan SLTA, tamatan sarjana sebanyak 14,38 persen, dan tamatan diploma baik diploma I, II dan III sebanyak 27,83 persen.

Persentase PNS/CPNS yang menamatkan S2 masih sangat minim sekali di Kabupaten Samosir, yaitu hanya 0,28 persen. Hal ini perlu mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam menjalankan pemerintah daerah. Sementara pegawai yang tamat SD dan SLTP masing- masing sebesar 2,28 persen dan 2,56 persen.

Daftar Susunan Unit Kerja di lingkungan PEMKAB SAMOSIR adalah

BUPATI dan WAKIL BUPATI
SEKRETARIAT DAERAH
SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT
INSPEKTRAT
BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH
BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN
BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH
BADAN PENANAMAN MDAL DAN PERIZINAN TERPADU
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PELAKSANA
PENYULUHAN
BADAN LINGKUNGAN HIDUP, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
KANTOR KESATUAN BANGSA, PLITIK DAN
PERLINDUNGAN MASYARAKAT
KANTOR KELUARGA BERENCANA
RUMAH SAKIT UMUM DAERAH
SATUAN POLISI PAMNG PRAJA
DINAS PENDIDIKAN
DINAS KESEHATAN
DINAS PEKERJAAN UMUM
DINAS TATA RUANG, PEMUKIMAN,
KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN

Back To Top