skip to Main Content

BAWA PELAYANAN GRATIS, BUPATI SAMOSIR DISAMBUT ANTUSIAS MASYARAKAT DESA SIJAMBUR

 

Kominfo Samosir (19/10)

 

Tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Sijambur menyambut antusias kehadiran Bupati Samosir dalam rangka berkantor di Desa Sijambur-Kec. Ronggurnihuta, 19/10.

Turut hadir, DPRD Samosir antara lain Jonner Simbolon, Saurtua Silalahi, Marco Simbolon, Polma Gurning, Nasib Simbolon, dan Staf Ahli Bupati Rudi SM Siahaan, Hut Isasar Simbolon, Asisten II Hotraja Sitanggang, Asisten III Waston Simbolon, pimpinan OPD, Camat Ronggurnihuta Bresma Simbolon dan TBPP. 

Kehadiran Bupati Samosir disambut hangat Tokoh Masyarakat Karben Sinaga bersama masyarkat, jajaran Pemerintah Desa dan Kecamatan Ronggurnihuta. 

Selain membawa pelayanan gratis dan penyerahan berbagai bantuan, Bupati Samosir mengatakan kegiatan Bunga Desa untuk bertemu dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat, mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Kami Membawa pelayanan dari Kabupaten ke desa sehingga bisa dinikmati seluruh masyarakat yang tinggal di Desa. Banyak pelayanan yang kami bawa dan seluruhnya gratis” kata Vandiko dihadapan masyarakat. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Samosir memberikan bantuan Pertanian berupa pupuk organik cair sebagai perangsang agar kelompok tani mau belajar membuat pupuk organik. Mengatasi keterbatasan Pupuk Kimia bersubsidi, Pemkab Samosir memberikan pelatihan kepada kelompok tani. Selain itu, Vandiko menyampaikan bahwa Pemkab Samosir akan membantu sertifikasi pupuk organik yang dihasilkan petani sehingga bisa dijual untuk meningkatkan ekonomi. “Saya pastikan seluruh kelompok tani mendapat bantuan pupuk organik. Bantuan ini sebagai perangsang agar petani mampu membuat sendiri, tolong sama-sama berlatih agar bisa memenuhi kebutuhan pupuk” kata Vandiko. 

 

Menanggapi permintaan masyarakat, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyampaikan seluruh usulan tersebut sudah dicatat dan akan membantu serta difasilitasi. Beberapa dari usulan tersebut akan dibantu yaitu mesin pemeras madu elektronik dan mesin pengurang kadar air madu bagi Pokdarwis O2, membantu komunikasi mendapatkan lebah. Untuk perbaikan Infrastruktur jalan sedang berlangsung dari Sp. Salaon Dolok-Sijambur sepanjang 1,25 Km dan akan berlanjut pada tahun 2024 sepanjang 2,5 KM sehingga panjang jalan yang akan dikerjakan sepanjang 3,7 KM. Bupati Samosir juga mengajak DPRD untuk bersinergi, seperti halnya penangkaran bibit di Desa Sijambur yang direncanakan tahun depan. 

 

“Inilah fungsinya berkantor didesa, saya dapat mendengar, berinteraksi dan mengeksekusi langsung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Yang belum dapat dikerjakan secara langsung akan dibahas dan dimasukkan dalam program prioritas, tentunya dengan bantuan dan dorongan DPRD terutama yang hadir disini” Ucap Vandiko. 

 

Tak luput Bupati Samosir mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD yang hadir dan berharap dapat merealisasikan kebutuhan masyarakat secara bersama-sama. Sebagai tambahan pembangunan ke Desa Sijambur, Bupati Samosir memberikan tambahan anggaran pembangunan dari APBD sebesar 100 juta untuk pembangunan Desa Wisata di Lumban Pokki.

 

Kepala Desa Judiman Naibaho, menyebutkan beberapa usulan yang menjadi kebutuhan masyarakat sudah terealisasi dan ada yang sedang berjalan, antara lain sirtunisasi jalan Lumban Sinurat-Lumban Dolok Dusun Matahari sepanjang 250 m, Pembukaan jalan Simataniari-Lumban Timbul sepanjang 987 m, Pembukaan jalan Lumban Hasahatan-Sibargot sepanjang 875 m, Pembukaan jalan Tapian Nauli-Lumban Naibaho sepanjang 1.200 m dan beberapa embung yaitu Embung Hutabaru, Lumban Pokki dan Simataniari. 

 

“Kegiatan sudah terlaksana untuk peningkatan sumber ekonomi masyarakat. Semuanya realisasi, kami mengucapkan terimakasih, atas kehadiran langsung Bupati melayani masyarakat.” kata Judiman.

 

Ditambahkan Judiman, bahwa masyarakat masih mengharapkan perhatian Bupati dan DPRD untuk memenuhi kebutuhan yang belum terlayani. Hal lain disampaikan Tokoh masyarakat, Karben Sinaga yaitu perbaikan jembatan kayu, perbaikan jalan dusun per dusun yang sehari-harinya digunakan masyarakat.

“Sejujurnya kunjungan Bapak Bupati membawa dampak positif secara langsung” kata Karben.

 

Anggota DPRD Jonner Simbolon mengatakan sebagai wakil rakyat memberikan dukungan penuh kepada Bupati dan seluruh jajaran dalam program Bunga Desa, karena beberapa hal positif yaitu Bupati menyapa masyarakatnya dan merupakan cerminan pelayanan pemerintah kepada masyarakat dengan membawa pelayanan dari Kabupaten ke Desa.

“Kegiatan yang betul-betul terbuka dari kalangan pemerintah kepada masyarakat” kata Jonner. 

 

Untuk mengembangkan semangat petani, Jonner mengusulkan adanya penangkaran bibit di Desa Sijambur kepada Pemkab Samosir.

 

Pelayanan gratis yang dibawa Bupati Samosir diantaranya, pelayanan pengurusan Administrasi Kependudukan, pelayanan kesehatan gratis, BPJS Gratis, bantuan pendidikan untuk memotivasi siswa berprestasi, pelayanan KB, penyuluhan stunting, pemberian bantuan untuk stunting, penyuluhan UMKM terkait manajemen usaha dan pengembangan aktivitas kerajinan masyarakat, Pengurusan perijinan berusaha, penyuluhan penyakit rabies, pelatihan pembuatan pupuk organik/POP, dan pemberian bantuan pupuk organik kepada kelompok tani. Selain itu Bupati Samosir juga menyerahkan 1.000 ekor bibit ikan nila dan 2.000 batang kopi untuk masyarakat Desa Sijambur. 

 

Untuk memastikan pelayanan berjalan dengan baik, Bupati Samosir mengunjungi pos-pos pelayanan. Berbagai pelayanan gratis berupa pengurusan dokumen yang menjadi kebutuhan masyarakat, diselesaikan dalam satu hari dan diserahkan langsung oleh Bupati Samosir.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search