skip to Main Content

Peringati Hari Rabies Sedunia, Dinas Ketapang dan Pertanian Samosir Gelar Vaksinasi Rabies Gratis.

 

Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumatera Utara menggelar Vaksinasi Rabies dan Pelayanan Kesehatan Hewan secara Gratis, Jumat (29/9).

Pelaksanaan kegiatan ini dipusatkan di dua posko pelayanan yaitu, di Terminal Onan Baru Pangururan yang dipimpin langsung oleh Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom dan di Kantor Camat Simanindo dikoordinir oleh Kabid Perkebunan dan Peternakan Fredy Marbun, S.Pt.

Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Dr. Tumiur Gultom, SP, MP usai pelaksanaan kegiatan menyampaikan, selama kegiatan ini ada sebanyak 314 ekor HPR (Hewan Penular Rabies) yang mendapatkan vaksinasi rabies. Yakni, di Kecamatan Pangururan sebanyak 192 ekor dan di Kecamatan Simanindo sebanyak 122 ekor.

 

Untuk mewujudkan Samosir Bebas Rabies diharapkan peran serta seluruh masyarakat. Terutama pemilik hewan peliharaan. Yaitu dengan menjaga hewan tidak berkeliaran sehingga tidak terjangkit penyakit dan juga memvaksin hewan peliharaannya. 

 

Kegiatan hari ini adalah mendekatkan pelayanan kepada pemilik hewan. Selama ini kami sdh melaksanakan vaksinasi Rabies yg terjadwal di setiap Desa namun masih ada yg belum tervaksin. Karena pemilik hewan peliharaan berhalangan membawa hewannya utk divaksin. “Harapan kami dengan kegiatan ini jumlah hewan penyebar Rabies ( HPR) tervaksin akan mendekati total populasi” tutup Tiur.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search