skip to Main Content

BUPATI SAMOSIR SERAHKAN 5 JUTA RUPIAH PER KK UNTUK BANTUAN PEMULIHAN EKONOMI DI KENEGERIAN SIHOTANG

 

Kominfo Samosir (10/09)

 

Sebagai upaya pemulihan ekonomi bagi korban bencana banjir bandang kenegerian Sihotang yang terjadi bulan November 2023 lalu, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyerahkan bantuan Rp. 5.000.000/KK kepada 303 Kepala Keluarga masyarakat dari Desa Sampur Toba, Dolok Raja dan Siparmahan di Sopo Godang Tugu Raja Sigodang Ulu Sihotang Desa Sampur Toba, 10/09.

 

Turut hadir Kadis Sosial PMD F. Agus Karo Karo, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Kepala BPBD Sarimpol Simanihuruk, Kadis PU Rudimanto Limbong, Camat Harian P. Hartopo Manik serta kepala desa. 

 

Bantuan senilai 1,515 Milyar untuk pengembangan modal usaha yang harus dibelanjakan dalam bentuk barang tersebut merupakan hasil sinergitas dengan Kemensos RI, melalui usulan yang disampaikan Pemkab Samosir. Setelah melalui tahapan verifikasi dari Kemensos maka Program PENA Bencana dapat disalurkan.

“Bantuan ini merupakan bentuk komitmen bahwa Pemerintah selalu hadir ditengah masyarakat, dengan usaha demi pemulihan ekonomi masyarakat, kami menjalin sinergitas dengan pemerintah atasan yang dalam hal ini Kemensos, dan hari ini terwujud dan dapat disalurkan Rp. 5.000.000/KK kepada 303 keluarga penerima”, kata Vandiko.

 

Dengan adanya bantuan tersebut, Vandiko berharap dapat memberi penguatan dan pemulihan ekonomi sehingga masyarakat bangkit kembali, semakin berkembang dan mandiri.

“Semoga masyarakat/ Korban Bencana dapat bangkit, mari gunakan sesuai kebutuhan dan mari sama-sama berdoa agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi”, ucap Vandiko.

 

Lebih lanjut Bupati Samosir menjelaskan bahwa dalam penanganan banjir bandang di kenegerian Sihotang, Pemkab Samosir selalu tanggap dengan melakukan tindakan evakuasi warga, pembersihan/ normalisasi lokasi dengan alat berat, pemograman dan pemulihan ekonomi. Semua tahapan dilakukan guna membantu dan meringankan masyarakat.

 

Kadis Sosial dan PMD, F. Agus Karo Karo menjelaskan bantuan disalurkan melalui Bank Mandiri dan disiapkan 30 tenaga pendamping untuk proses penyaluran . “Bantuan tidak tunai tapi dibelanjakan dalam bentuk barang sesuai kebutuhan penerima”, kata Agus. 

 

Penerima bantuan, Bertua Sihotang Penduduk Desa Siparmahan, menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan Bupati Samosir. Untuk itu, ia berharap masyarakat untuk tetap mendukung pemerintah dalam menjalankan program pembangunan. “Mulai dari kejadian sampai saat ini bapak Bupati tetap memberikan perhatian”, kata Bertua didampingi masyarakat lainnya.

 

“banyak bantuan yang sudah diberikan sebagai perhatian kepada masyarakat. Perhatian Bupati Samosir, menjadi sebuah sejarah, terlebih dengan bantuan hari ini”, tambah Jadatar Sihotang

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search