skip to Main Content

Bupati Samosir Hadiri Perayaan Bersama Masa Penciptaan dan Minggu Ekologi HKBP Tahun 2024.

 

Kominfo Samosir (22/9).

 

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menghadiri Perayaan Masa Penciptaan (Season of Creation) dan Minggu Ekologi HKBP Tahun 2024, yang dipusatkan di Gereja HKBP Resort Ambarita, Distrik VII Samosir, Minggu (22/9).

 

Perayaan Masa Penciptaan dan Minggu Ekologi HKBP dirayakan serentak di seluruh Gereja HKBP di seluruh dunia pada Minggu, 22 September 2024. Tahun ini, mengangkat Tema “Kebesaran Allah Dalam Seluruh Ciptaan-Nya”.

 

Kegiatan perayaan diawali dengan ibadah dengan kotbah yang disampaikan oleh Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th. Acara dirangkai dengan kegiatan penanaman pohon di lokasi Gereja HKBP Ambarita, pemberian hadiah pada pemenang lomba daur ulang sampah, dan makan bersama.

 

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menyampaikan apresiasi kepada HKBP yang telah membuat suatu kegiatan yang sangat luar biasa dalam menjaga ekologi untuk menjaga keseimbangan antara aktivitas manusia dan keberlanjutan lingkungan.

 

“Tentunya melalui kegiatan ini akan mengingatkan kita pentingnya menjaga lingkungan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar”, ujar Vandiko Gultom.

 

Vandiko menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Samosir terus berkomitmen dalam menjaga ekologi. Tahun ini, berkat sinergitas dengan Kementerian PUPR RI, di Kabupaten Samosir telah dibangun TPA terbesar dan terlengkap di Sumut, dengan luas 10 Ha lebih. “Dengan demikian kita harapkan persoalan sampah di Samosir bisa kita atasi dan kelola dengan baik”, ungkapnya.

 

Bupati juga menghimbau agar masyarakat dapat memilah sampah rumah tangga sebelum dibuang ketempat sampah, juga mengurangi sampah-sampah plastik.

 

“Upaya menjaga ekologi dan pelestarian lingkungan tidak hanya tugas pemerintah saja, akan tetapi harus bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada kita semua agar bersama sama menjaga lingkungan kita dan mewujudkan Samosir yang bersih”, tambahnya.

 

Sebagi bentuk dukungan kepada panitia Ekologi HKBP, Bupati Samosir memberikan apresiasi bantuan sebesar Rp. 20 Juta.

 

Kadep Marturia Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th, dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran Bupati Samosir pada perayaan bersama masa penciptaan dan Minggu Ekologi HKBP.

 

“Atas nama seluruh jemaat HKBP, kami sampaikan terimakasih kepada Pak Bupati yang berkenan hadir dan memberikan dukungan kepada panitia”, kata Pdt. Daniel.

 

Kadep Marturia menegaskan melalui minggu Ekologi HKBP, akan mengingatkan setiap umat bahwa menjaga kebersihan, menanam pohon adalah perintah dari Allah. Oleh karena itu harus dilakukan melalui aksi nyata dan bukan hanya seremoni saja.

 

Dirinya menekankan alam semesta dan lingkungan perlu dikelola, dipelihara, dirawat dan dilestarikan dengan benar. Kebersihan harus menjadi nilai bagi semua warga HKBP.

 

Pada kesempatan tersebut, Pdt. Daniel juga berharap bantuan Pemkab Samosir dalam memberikan alat berat untuk penataan lokasi dan pembangunan Gereja HKBP Ambarita.

 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Praeses Distrik VII Samosir Pdt. Rein Justin Gultom, S.Th, MA, Pendeta Resort Ambarita Pdt. Sikkat Bancin, Tim Kerja Minggu Ekologi HKBP, Pimpinan OPD, Camat Simanindo, serta jemaat perwakilan Gereja HKBP dari berbagai daerah.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search