skip to Main Content

HASIL MEMUASKAN, KELOMPOK TANI SAURDOT DESA SAMPUR TOBA PANEN BAWANG MERAH 

 

Kominfo Samosir (06/09)

 

Kelompok Tani Saurdot Desa Sampur Toba Kecamatan Harian mengucapkan terima kasih kepada Bupati Samosir atas perhatian dengan pemberian bantuan bibit bawang merah Varietas Batu Ijo dua bulan lalu. Bantuan bibit tersebut sudah dipanen dengan hasil memuaskan. “Terima kasih kepada Bupati Samosir yang telah memberikan bantuan, hasilnya sudah kami panen dan memuaskan” kata Asna Simbolon selaku ketua kelompok tani Saurdot saat melakukan panen bersama Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian di Desa Sappur Toba, 05/09.

Turut hadir Camat Harian P. Hartopo Manik, Kabid TPH Dinas Ketapang dan Pertanian Rimbun Sinaga, Sekcam Harian Kanur Situmorang, Kepala Desa Sampur Toba Boleuson Sihotang, penyuluh pertanian serta ketua dan anggota kelompok tani Saurdot.

 

Asna menuturkan bahwa bantuan yang diberikan Pemkab. Samosir sangat membantu, kualitas bagus sehingga hasilnya juga bagus. Hasil panen akan kembali dibibitkan atau ditanam kembali guna peningkatan kesejahteraan anggota kelompoknya. Kendati sudah berhasil dalam pertanian bawang merah, Asna tetap berharap mendapatkan bantuan berupa bibit tanaman lainnya.

 

Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom menyampaikan, hasil pengubinan panen bawang merah tersebut mencapai 11 ton/ ha. Ini merupakan Bantuan yang diberikan dua bulan sumber dana APBD 2024 sebanyak 750 kg. Menurutnya, hasil ini sudah bagus karena kondisi tanah dari peralihan sawah. 

“Hasil sudah baik dan memuaskan ,dari segi kualitas juga bagus” kata Tumiur.

 

Untuk hasil yang lebih memuaskan, Tumiur meminta kelompok tani perlu menggunakan pupuk kompos yang lebih banyak guna mempermudah peranakan bawang yang lebih banyak. “Hasil panen ini cocok untuk bibit, umurnya sudah lebih dari 2 bulan. Kami akan tetap memberikan pembinaan kedepan untuk hasil yang lebih bagus” ungkap Tumiur 

 

Sementara itu, Camat Harian P. Hartopo Manik yang juga ikut melakukan panen berharap petani agar sungguh-sungguh memanfaatkan bantuan dan tetap semangat.  

“Kalau pemerintah melihat hasilnya bagus, maka pemerintah juga akan semangat dalam memberikan bantuan, semangat mencari sumber bantuan yang dapat diberikan kepada petani” kata Hartopo. 

 

Untuk itu Hartopo berharap, petani dan pemerintah dapat saling mendukung serta saling menguatkan. 

 

Kepala Desa Sappur Toba Boleuson Sihotang, sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan Bupati Samosir kepada masyarakatnya. Kedepan, Ia berharap bantuan kepada masyarakat Desa Sappur Toba akan tetap mengalir. 

“Hasilnya sangat melimpah mudah-mudahan ini menjadi berkah bagi masyarakat” ucap Boleuson.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search