skip to Main Content

TMMD Ke-121 RESMI DITUTUP BUPATI SAMOSIR : TAHUN INI AKAN DIBANGUN JEMBATAN PENGHUBUNG, PEMBUKAAN JALAN AKAN TETAP DILANJUTKAN MELALUI SINERGITAS DENGAN TNI

 

Kominfo Samosir (22/08)

 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menerima berita acara serah terima hasil pekerjaan dari Danrem 023/KS Lukman Hakim sekaligus menandatangani prasasti pembukaan jalan Desa Hasinggahan dalam upacara upacara penutupan TMMD ke-121 tingkat Kabupaten Samosir di Tanah Lapang Pangururan, 22/08. 

 

Turut hadir Anggota DPRD Kab. Samosir Marco C. Simbolon, Wakapolres Samosir ST. Panggabean, Kasi Perdata dan Tata Usaha Kejari Samosir Wisdom Sumbayak , Kalapas Pangururan, Sekdakab. Samosir Marudut Tua Sitinjak, Para Asisten, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang dan pimpinan OPD lainnya, pejabat utama dan jajaran TNI/Polri.

 

Upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 Kodim 0210/TU TA 2024 dengan tema “Darma Bakti TMMD mewujudkan percepatan Pembangunan di wilayah”. Penutupan ditandai dengan pemukulan gendang, dirangkai dengan pengobatan gratis dan pemberian tali asih/sembako kepada 150-an masyarakat. 

 

Sinergitas Pemkab. Samosir dan TNI berhasil melakukan pembangunan fisik berupa Pembukaan Jalan baru sepanjang 2.300 meter, Pembuatan gorong gorong 2 Unit, pembuatan Plat Dwiker 2 Unit . Selain itu juga dilakukan sasaran non fisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan Nusantara, penyuluhan narkoba terlaksana, penyuluhan Hukum, penyuluhan KB, penyuluhan Kesehatan, penyuluhan Stunting dan penyuluhan judi.

 

Program unggulan Kasad TNI juga diwujudkan dengan pembangunan 1 unit rumah tidak layak huni (RTHL), Rehab MCK 3 unit, Pembuatan sumur bor 3 unit , Penanaman pohon/bersatu dengan alam sebanyak 10.000 batang.

 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI yang sudah bersinergitas dalam upaya melakukan pembangunan di Kabupaten Samosir. Pembukaan akses jalan yang telah dimulai dari tahun ke tahun akan tetap dilanjutkan untuk tahun depan, sehingga masyarakat diharapkan dapat menjaga pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah.

“TMMD telah selesai dilaksanakan dan kami mengucapkan terima kasih kepada mitra kami TNI, yang mana masih terjalin sinergitas dalam pembangunan di Kabupaten Samosir” kata Vandiko didampingi Forkopimda. 

 

Lanjut Vandiko, pembangunan jembatan yang menjadi kebutuhan utama masyarakat yang menghubungkan Bonan Dolok dan Hasinggahan, akan dibangun tahun 2024 ini. 

Pemkab. Samosir senantiasa dan akan selalu melakukan pembangunan untuk menanggapi permohonan dari masyarakat.

“Akan dilakukan pembangunan jembatan di Bonan Dolok tahun ini. Mudah-mudahan tahun depan saya bisa meresmikan jembatan itu, titip salam kepada seluruh masyarakat”ucap Vandiko 

 

Danrem 023/KS Lukman Hakim yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Pangdam I BB, disampaikan bahwa TMMD merupakan bagian dari operasi bhakti TNI, yang diwujudkan dengan cara membantu Pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemda yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TMMD bukan domain dari TNI semata, melainkan program bersama Pemda/ kota yakni bersatu padunya semua komponen bangsa yang terkoordinasi dan terkoordinir, dilaksanakan secara bahu membahu dan gotong-royong.  

Sebagai pengendali operasional TMMD, Pangdam I BB mengucapkan terimakasih kepada Bupati Samosir serta semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada TNI untuk membantu pelaksanaan pembangunan di daerah.

“Terimakasih juga kepada seluruh masyarakat dan anggota satgas yang telah bahu membahu selama 1 bulan melaksanakan TMMD ke 121 yang telah diprogramkan hingga selesai dan hasilnya dapat dirasakan bersama untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat” katanya

 

Kedepan diharapkan TNI bersama Pemda dan seluruh komponen masyarakat dapat terus mempererat hubungan dan bekerjasama lebih erat untuk menghadapi dan mengatasi berbagai kesulitan serta tantangan yang akan muncul di masa depan.

 

Atas nama masyarakat Desa Hasinggahan, Budiman Sagala berharap pembangunan didesanya tetap berkelanjutan sampai tuntas . Ditambahkannya, pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Samosir bersama TNI dalam sangat membantu dan terlaksana dengan baik.

“Kami sangat mengucapkan terima kasih. Pembangunan terlaksana dengan baik, juga penyuluhan narkotika, masalah stunting dan yang lain. Walau hanya mengucapkan terima kasih, kami sangat bangga kepada TMMD dan Pemkab, semoga kedepannya pembangunan di Desa kami tuntas” harap Budiman Sagala .

 

Selanjutnya, menggunakan kapal kayu, Bupati Samosir bersama Danrem 023/KS dan rombongan melakukan monitoring hasil pekerjaan di Desa Hasinggahan Kecamatan Sianjur Mula mula

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search