skip to Main Content

OBJEK WISATA BARU SEMAKIN BERTAMBAH, BUPATI SAMOSIR LAUNCHING PANTAI LUMBAN MANIK

 

Kominfo Samosir (19/08)

 

Penanaman 50 pohon pucuk merah menandai Launching Objek Wisata Baru Pantai Lumban Manik Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, 19/08.

 

Diresmikan Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, objek wisata tersebut resmi dibuka untuk umum. Objek wisata ini nantinya akan dikelola BUMDes Hita do Hita Desa Lumban Suhi Suhi Toruan. 

“Semoga tanaman ini lestari, melalui penanaman pohon ini, objek wisata Pantai Lumban Suhi Suhi Toruan saya nyatakan resmi dibuka” kata Vandiko meresmikan Pantai Lumban Manik.

 

Launching yang dirangkai dengan perayaan HUT RI ke-79 tingkat Desa Lumban Suhi Suhi Toruan mengangkat tema “Meningkatkan Solidaritas dan Gotong Royong Untuk Lumban Suhi Suhi yang mandiri dan Sejahtera”. Berbagai hiburan disajikan memeriahkan acara, Bupati Samosir bersama masyarakat membaur dan bersama-sama menikmati rangkaian acara, salah satu yang unik panjat pinang di Danau yang sangat menghibur.

 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengatakan, Pemkab. Samosir terus berupaya untuk memperbaiki lokasi wisata di Kabupaten Samosir, sehingga wisatawan mau berkunjung. Maka dihimbau masyarakat untuk mampu melayani wisatawan dengan baik. Pemerintah bertugas mendatangkan wisatawan dan masyarakat harus siap menyambut. 

“Kalau kita baik, wisatawan senang. Sekarang tinggal di kita masyarakat untuk melayani wisatawan dengan baik” kata Vandiko . Menurutnya, saat ini melalui medsos segala keburukan gampang sekali disebarkan ke seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Untuk itu ia berharap pemerintah desa, BUMDes selaku pengelola dan masyarakat sama-sama menjaga tempat tersebut dengan baik.

“Saya titip pesan kepada seluruh masyarakat agar sama-sama kita menjaga tempat ini dengan baik, mari kita sambut, kalau kita sudah membuka tempat ini menjadi tempat wisata mari kita layani para wisatawan dengan sepenuh hati, dengan rendah hati” pesan Vandiko.

 

Lebih lanjut Vandiko menyampaikan pada tahun 2023 yang lalu jumlah wisatawan yang masuk ke Kabupaten Samosir memecahkan rekor yaitu dengan kunjungan lebih dari 1 juta orang wisatawan, membawa peningkatan ekonomi. “Bayangkan 10 persen saja yang menginap dengan kisaran harga penginapan atau home stay 300 ribu maka uang sudah mengalir 30 Milyar, lain lagi biaya makan. Jadi Kalau kita tidak baik menyambut wisatawan maka 1 juta wisatawan tersebut akan jera” jelas Vandiko memberi semangat.

 

Pembangunan objek wisata pantai Lumban Manik tidak terlepas dari sinergitas yang baik antara Pemerintah Kabupaten Samosir dengan Pemerintah Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, dimana Pemkab. Samosir berperan dengan mengerahkan alat berat gratis untuk penataan lokasi. Vandiko pun mengapresiasi Kepala Desa Lumban Suhi Suhi Toruan yang memiliki kreatifitas dengan basis pemberdayaan masyarakat, yang selalu totalitas mengabdikan diri untuk melayani dan meningkatkan perekonomian masyarakat. “Pantai Lumban manik ini saya lihat cukup bagus, fasilitas sudah lengkap saya lihat ada Food Court dari Taspen, nah ini luar biasa bapak kades. Inilah kalau yang muda memimpin pergerakan cepat tidak neko-neko, cepat eksekusi. Samosir akan lebih baik kedepan apabila kita bergandengan” ungkap Vandiko 

 

Melalui Tema HUT RI Ke-79, Nusantara maju Indonesia Maju, Vandiko menyampaikan sebuah negara maju pembangunannya harus dimulai dari Desa, maka langkah saat ini merupakan salah satu bentuk mendukung Indonesia Maju. Tindak lanjut penataan Kedepan, Bupati Samosir tetap mendukung untuk membuka akses jalan baru dan siap menurunkan alat berat gratis. Sebagai KSPN, Pemkab. Samosir terus mendukung peningkatan pariwisata, dengan penetapan desa wisata dan terus menggali potensi desa untuk dijadikan desa wisata.

“Pemkab. Samosir mendukung konsep desa, selanjutnya melalui sinergitas mengusulkan ke Kementerian untuk mendapatkan alokasi anggaran. Tidak menutup kemungkinan bisa diusulkan tergantung konsep pengelolaan dari desa” kata Vandiko menutup.

 

Kepala Desa Lumban Suhi Suhi Toruan Raja Sondang Simarmata menjelaskan, launching kawasan wisata baru pantai Lumban manik dalam proses pembentukan kerjasama dengan Pemkab. Samosir. “Pemkab. Samosir mengerahkan truk, alat berat hingga tempat ini bisa dikelola dan dinikmati saat ini” ungkap Raja.

 

Ditambahkannya, launching objek wisata baru guna memeriahkan kegiatan desa sehingga memiliki kegiatan yang bermanfaat dan memajukan masyarakat desa. 

Selama satu minggu rangkaian acara, disebut Raja, Festival Babi guling antar dusun merupakan kegiatan unik yang sangat meriah. 

 

Tokoh masyarakat sekaligus Pengelola Pantai Lumban Manik , BUMDes Hita do Hita , Ferdinan Manik mengaku bangga dan mengapresiasi Bupati Samosir yang hadir untuk meresmikan Pantai Lumban Manik. “Kami merasa bangga bapak hadir disini. Semoga akan membawa kesejahteraan kepada masyarakat Desa Lumban Suhi Suhi Toruan” kata Ferdinan.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search