skip to Main Content

BUPATI SAMOSIR INSPEKTUR UPACARA HUT RI KE-79

 

Kominfo Samosir (17/08)

 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan HUT RI Ke-79 tingkat Kabupaten Samosir yang dilaksanakan di Tanah Lapang Pangururan, 17/08. Upacara berlangsung lancar. Pasukan Paskibraka sukses melakukan penaikan bendera merah putih diiringi Lagu Indonesia Raya.

 

Turut hadir Forkopimda Kabupaten Samosir, Sekdakab. Samosir Marudut Tua Sitinjak, Para Staf Ahli Bupati Samosir, Para Asisten Sekdakab. Samosir, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang dan pimpinan OPD lainnya, Mantan Pj. Bupati Samosir, Mantan Wabup Juang Sinaga, pimpinan BUMN/D, Instansi Vertikal, Tokoh Adat, tokoh masyarakat, ormas dan para pelajar se-Kabupaten Samosir 

 

Peringatan hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024, dengan tema “Nusantara baru, Indonesia maju”. Sejalan dengan tema tersebut, maka dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Samosir menetapkan sub tema “Dengan semangat kebersamaan, kita lanjutkan program pembangunan yang sedang berjalan untuk mewujudkan samosir sejahtera dan bermartabat”.

 

Dalam momen yang bersejarah ini, sebagai hasil perjuangan panjang dan pengorbanan para pahlawan dengan cucuran keringat, darah, air mata, harta bahkan jiwa dan raga demi terbebasnya bangsa ini dari penjajahan, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengajak seluruh mayarakat untuk bersama-sama merenungkan makna kemerdekaan dan pentingnya kebersamaan dalam membangun bangsa. “Semangat juang dan rela berkorban yang telah dikobarkan para pahlawan bangsa, harus selalu kita kenang, hargai dan kita hormati, kita sebagai generasi penerus memiliki tanggung jawab besar untuk menghargai dan melanjutkan perjuangan mereka dengan semangat yang sama dengan cara mengisi kemerdekaan sesuai dengan profesi dan talenta kita masing-masing” kata Vandiko.

 

Seluruh stakeholder diharapkan membangun keutuhan berbangsa dan bernegara menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera, dengan kecintaan dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Kecintaan dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, akan menumbuhkan semangat untuk berbuat dan bertindak dalam mengisi kemerdekaan. Rasa cinta dan rasa memiliki negara kesatuan Republik Indonesia, akan mematrikan semangat juang dalam mengisi kemerdekaan untuk merdeka dari kemiskinan, merdeka dari kebodohan dan merdeka dari berbagai ketertinggalan lainnya. Saling peduli dan bekerja sama dalam berbagai aspek kehidupan menuju Indonesia emas 2045.

 

Lanjut Vandiko, ditengah berbagai tantangan global dan domestik, perlu memperkuat kebersamaan dan persatuan sebagai landasan untuk menyelesaikan segala persoalan yang timbul dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. 

“Mari kita ciptakan suatu kondisi harmonis, dengan harapan, kita dapat mengatasi segala rintangan dan membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. kebersamaan adalah kekuatan utama kita. Mari kita jaga dan pelihara kebersamaan ini, karena hanya dengan bersatu, kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera” tambah Vandiko. 

 

Sejalan dengan sub tema hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Samosir, Bupati Samosir mengatakan peringatan ini menjadi momentum yang baik untuk menyatukan tekad agar seluruh stakeholders, pemerintah dan masyarakat Samosir secara bersama-sama, bahu membahu dilandasi rasa persaudaraan dan kekeluargaan untuk melanjutkan program pembangunan yang sedang berjalan. “Mewujudkan Kabupaten Samosir ke arah yang lebih baik, mari kita perangi hoaks, perangi informasi sesat yang dapat memecah belah rasa persaudaraan dan persatuan, memerangi perilaku korupsi, kolusi dan nepotisme yang sama sekali tidak mencerminkan sikap nasionalisme. Menjaga kesatuan dan persatuan dengan saling menghargai satu sama lain dan saling membantu antar sesama” ungkap Vandiko

 

Pada kesempatan ini, Bupati Samosir kembali mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus bekerja keras dan berinovasi, harus siap menghadapi berbagai perubahan dengan semangat pantang menyerah. Masyarakat dihimbau menjaga kelestarian alam sebagai kawasan geopark kaldera toba, kelestarian budaya (cultur diversity) dan kelestarian warisan geologi (geo diversity). 

Sebagai destinasi pariwisata super prioritas, pemerintah dan segenap masyarakat kabupaten samosir harus berbenah dan mempersiapkan diri sebagai pelaku-pelaku wisata seraya tetap menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan, serta keramahtamahan terhadap wisatawan yang berkunjung ke kabupaten samosir.

 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom memberikan selamat dan semangat kepada pasukan Paskibraka yang sukses melaksanakan tugas. Iyel-yel Keceriaan pasukan Paskibraka menggelegar dihadapan seluruh peserta upacara 

 

Usai menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Samosir, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST, bersama dengan jajaran Forkopimda bergabung secara virtual dengan Istana Negara, IKN, Kalimantan Timur untuk mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tingkat Nasional di Pesanggrahan Rumah Dinas Bupati Samosir.

 

Turut hadir mengikuti upacara secara virtual diantaranya Ketua DPRD Dra. Sorta E. Siahaan, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, SH, S.IK, MH, Ketua PN Balige Makmur Pakpahan, Pabung Kodim 0210/TU Kapten Arm. G. Sebayang, Kajari Samosir Karya Abraham Hutagaol Sekda Marudut Tua Sitinjak, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang dan sejumlah Pejabat Tinggi Pratama.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search