skip to Main Content

Dua Kali Berturut-turut, Salah Satu Program Unggulan Bupati Samosir BPJS Gatis, Raih Penghargaan UHC dari Wapres.

 

Kominfo Samosir (16/08)

 

Dua kali berturut-turut, Tahun 2023 dan 2024, Pemerintah Kabupaten Samosir dibawah kepemimpinan Bupati Vandiko Timotius Gultom, ST meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Wapres RI Ma’ruf Amin, atas keberhasilan mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan dengan pemberian BPJS Kesehatan gratis kepada masyarakat kurang mampu.

 

Pada Tahun 2023, tingkat partisipasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kabupaten Samosir mencapai 97,7%. Saat itu, Wapres RI menyerahkan langsung penghargaan UHC Tingkat Madya kepada Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/03/2023).

 

Di Tahun 2024, tingkat partisipasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) meningkat dari 97,7% di tahun 2023 menjadi 99,35% di tahun 2024. Berkat capaian ini, Bupati Samosir kembali mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tingkat Utama, pada acara penghargaan UHC 2024, Kamis (8/8/2024) di Krakatau Grand Ballroom, TMII Jakarta Timur.

 

Keberhasilan capaian UHC ini, didukung program Bupati Samosir dengan pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan atau BPJS gratis kepada masyarakat yang tidak mampu. Hal ini merupakan salah satu dari 10 program unggulan yang ditetapkan Bupati dan Wakil Bupati Samosir yaitu Pemberian Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan atau BPJS gratis. 

 

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menyampaikan bahwa salah satu program unggulannya di bidang Kesehatan saat ini sudah dirasakan oleh seluruh masyarakat Samosir.

 

“Penghargaan UHC Kabupaten Samosir lebih tinggi dari tingkat Provinsi dan Nasional diangka 98%. Inilah bentuk komitmen Pemkab Samosir dalam menjamin kesehatan masyarakat, dengan kehidupan yang sehat tentu masyarakat dapat melakukan aktifitas untuk meningkatkan kesejahteraannya. Mari kita sambut Samosir yang lebih sehat dan melanjutkan pembangunan”, ungkapnya.

 

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada perangkat daerah dan stakeholder yang telah bekerja keras dalam meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Samosir.

 

“Terimakasih. Capaian ini berkat sinergitas dari semua stakeholder yang terlibat”,.kata Vandiko.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search