skip to Main Content

“Memiliki Fasilitas Terlengkap di Sumatera Utara”, Bupati Samosir Bersama Forkopimda Monitoring Pembangunan TPA Samosir.

 

Kominfo Samosir (31/7).

 

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST bersama Forkopimda yakni Dandim 0210/TU Letkol Inf. Saiful Rizal, S.Hub.Int, Kasi Intel Kejari Samosir Richard NP Simaremare, meninjau progres pembangunan TPA Samosir di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Rabu (31/7).

 

Turut mendampingi SAB Rudi SM. Siahaan, Kadis Lingkungan Hidup Edison Pasaribu, Kadis PUTR Rudimanto Limbong, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Camat Harian Hartopo Manik.

 

Rombongan Bupati disambut oleh PPK Sanitasi Satker PPPWS, BPPW Sumut Erly Nurmeida Silalahi, ST, Kontraktor pelaksana, Konsultan dan Pengawas.

 

Erly Silalahi menjelaskan progres pembangunan TPA Samosir di lahan seluas 10 Ha, sudah mencapai 100 persen, dengan pagu sebesar Rp. 29 M lebih. TPA Samosir merupakan salah satu tempat pembuangan akhir terbesar dan terlengkap yang dibangun di Sumatera Utara. 

 

“Memiliki fasilitas terlengkap, karena memang Samosir masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional dan Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba”, jelas Erly Silalahi.

 

Dengan penyedia jasa, serah terima sudah dilakukan kepada BPPW Sumut pada tanggal 19 Juli lalu. Namun, masih dalam masa pemeliharaan selama 8 bulan kedepan.

 

Erly menambahkan pembangunan TPA Samosir disesuaikan dengan kebutuhan, dengan harapan mampu menangani seluruh sampah dari 9 Kecamatan di Kabupaten Samosir.

 

“Sebelum kita serah terimakan, kita berharap masukan dari Pemkab Samosir terkait apa saja yang masih perlu dibenahi”, katanya.

 

Pihaknya juga meminta 4 orang operator dari Pemkab Samosir untuk dilatih, sebelum di serah terimakan sekitar minggu ketiga atau keempat Agustus 2024.

 

Sejumlah fasilitas yang dibangun dikawasan ini diantaranya, Kantor Pengelola, TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu), Jembatan Timbang, IPL (Instalasi Pengolahan Lindi), Landfill, Jembatan Timbang, Hangar, Rumah Jaga, Pos Sekuriti, Area Parkir dan Pendopo.

 

TPA Samosir diharapkan juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi terkait pengolahan sampah bagi siswa TK, SD, SMP, SMA bahkan mahasiswa.

 

Bupati Samosir Vandiko Gultom mengapresiasi pembangunan TPA Samosir di Desa Hariara Pintu.

 

“Pembangunan TPA ini adalah buah sinergitas Pemkab Samosir dengan pemerintah pusat. Kita mengusulkan dan Kementerian PUPR menerima usulan kita”, kata Vandiko.

 

“Hari ini bersama Forkopimda, kita lakukan peninjauan progres pembangunan. Terimakasih kepada Kementerian PUPR, progresnya sudah mencapai 100 persen, dan kualitasnya cukup bagus”, tambahnya.

 

Dengan terbangunnya TPA ini, Bupati Vandiko meyakini persaolan sampah di Kabupaten Samosir akan dapat teratasi.

 

Vandiko juga meminta Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pemilahan sampah sebelum masuk ke TPA ini, sehingga memudahkan pengolahan sampah nantinya.

 

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0210/TU Letkol Inf. Saiful Rizal, S.Hub.Int menyampaikan tentunya Samosir sebagai DPSP, pengolahan sampah menjadi persolan yang sangat penting. Maka dengan adanya TPA ini, akan menjawab persoalan tersebut.

 

“Semoga dengan adanya TPA ini, pariwisata Samosir akan semakin maju dan berkembang seperti Bali”, katanya.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search