skip to Main Content

Ketua TPPS Martua Sitanggang Pimpin Pertemuan Audit Kasus Stunting.

 

Kominfo Samosir (17/7).

 

Wakil Bupati Samosir yang juga Ketua TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Kabupaten Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM memimpin pertemuan Audit Kasus Stunting yang digelar di Aula Kantor Bupati, Senin (15/7).

 

Pertemuan ini diikuti oleh Tim Pakar Audit Stunting Provinsi Sumatera Utara, para Asisten, Pimpinan OPD, Camat Se-Kabupaten Samosir, TP. PKK, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Samosir, Dokter dan Tenaga Gizi Puskesmas, Kepala Desa lokus Stunting, Kader Posyandu dan TA Satgas Stunting Kabupaten Samosir.

 

Kepala Dinas P3AP2KB dr. Friska Situmorang, MM dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko terjadinya Stunting pada kelompok sasaran; mengetahui penyebab risiko stunting pada kelompok sasaran sebagai upaya pencegahan dan perbaikan tata laksana kasus yang serupa.

 

Selain itu juga untuk menganalisa faktor risiko terjadinya stunting pada Baduta/ Balita Stunting, dan memberikan rekomendasi penanganan kasus dan perbaikan tata laksana kasus serta upaya pencegahan yang harus dilakukan.

 

Ketua TPPS Martua Sitanggang dalam sambutannya mengatakan audit kasus stunting merupakan upaya identifikasi risiko dan penyebab pada kelompok sasaran berbasis surveilans rutin dan sumber data lainnya, khususnya sebagai penapisan pada kasus-kasus yang suli, termasuk mengatasi masalah mendasar pada kelompok sasaran audit beresiko stunting, yaitu calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, Baduta dan Balita.

 

“Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan pelaksanaan pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi, serta rekomendasi penanganan stunting dan perbaikan tata laksana kasus stunting”, kata Martua.

 

Martua mengungkapkan, pencapaian penurunan angka stunting 14 % pada tahun 2024, bukanlah perkara mudah. Akan tetapi, Martua meyakini hasil rekomendasi Tim Ahli akan dikelola dan ditindaklanjuti dengan baik. Oleh karenanya kegiatan ini merupakan momentum untuk menyukseskan percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Samosir 

 

“Untuk itu saya mengajak dan menegaskan kepada seluruh tim agar lebih bersinergi dan berupaya semaksimal mungkin melakukan kunjungan lapangan untuk konfirmasi, koordinasi dan verifikasi terhadap kelompok sasaran secara selektif guna memperoleh data yang akurat”, ujar Martua Sitanggang.

 

Pertemuan Audit Kasus Stunting menghadirkan Narasumber Ahli Gizi dari Politeknik Kesehatan Dr. Haripin Togap Sinaga, MCN dan dr. Nova Sagala dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search