skip to Main Content

Bupati Samosir Tanam Bawang Bersama Poktan Desa Hariara Pohan.

 

Kominfo Samosir (12/7).

 

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST melakukan pertanaman bawang secara simbolis bersama 6 Kelompok Tani di Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Jumat (12/7). Penanaman dilakukan di lahan milik Kelompok Tani Bersama Desa Hariara Pohan.

 

“Inilah bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Samosir hadir ditengah-tengah masyarakat. Saat ini kita melakukan pertanaman Bawang Merah bantuan dari APBD TA. 2024”, ujar Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST.

 

Vandiko meminta para kelompok tani agar melakukan pertanaman dengan baik sesuai dengan anjuran pemerintah. Petugas PPL juga diminta untuk tetap melakukan pendampingan dan pembinaan kepada seluruh kelompok tani.

 

“Tanam dan pelihara dengan baik, agar hasil panennya melimpah. Kita selalu berupaya untuk mengembalikan kejayaan Bawang dari Kabupaten Samosir seperti dulu”, kata Vandiko.

 

Sekcam Harian Kanur Situmorang didampingi Pj. Kades Hariara Pohan Sampe Gunawan Sihotang menyampaikan terima kasih kepada Bupati Samosir atas kepedulian kepada masyarakat petani di Kecamatan Harian, khususnya Desa Hariara Pohan.

 

Dengan bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat petani, dan mengembalikan kejayaan bawang Samosir.

 

Sebelumnya, Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, SP, MP melaporkan, untuk Desa Hariara Pohan ada bantuan bibit Bawang Merah sebanyak 4.500 Kg dengan 6 Poktan penerima (120 KK). Selain itu, untuk kebutuhan kelompok, Dinas Ketapang dan Pertanian juga memberikan bantuan Pupuk Organik Cair sebanyak 30 Liter per kelompok.

 

“Hari ini, kita lakukan penanaman bersama Bupati Samosir dengan kelompok tani Bersama Desa Hariara Pohan”, ujarnya.

 

Kedepan, Tumiur mengatakan potensi pertanian di Desa Hariara Pohan akan terus dikembangkan, dengan berbagai komoditi lainnya. “Namun saya himbau agar jangan membuka lahan dengan cara membakar. Kita terus bertani dengan tidak mengorbankan lingkungan”, ujarnya.

 

Ketua Poktan Bersama Ramli Tampubolon menyampaikan terima kasih yang sebesar-besar kepada Bupati Samosir, yang telah memberikan bantuan bibit Bawang dan pupuk, dan meluangkan waktunya untuk melakukan penanaman bersama.

 

“Terim kasih Pak Bupati. Kami siap mendukung semua program pembangunan yang dibawa ke desa kami Hariara Pohan”, kata Ramli Tampubolon.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search