skip to Main Content

Pastikan Hewan Kurban Layak Konsumsi, Pemerintah Kabupaten Samosir Bekerjasama dengan PDHI Sumut Lakukan Pemeriksaan.

Kominfo Samosir (18/6).

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Bidang Perkebunan dan Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumatera Utara melaksanakan pemeriksaan hewan kurban (Post Mortem) di Kabupaten Samosir, pada Senin (17/6).

Pemeriksaan dilakukan disejumlah tempat yakni, di Masjid Al Hasanah Pangururan, Mushola Al-Ikhlas Tuktuk Siadong, Masjid Al-Ikhwan dan Al Mubarok Desa Janji Martahan Kecamatan Harian, Masjid Nurul Huda Desa Turpuk Sihotang Kec. Harian, Masjid Nurul Iman Sihotang, dan Masjid Nurul Islam di Desa Tambun Sungkean Kecamatan Onan Runggu.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghindari pemotongan hewan kurban yang sakit/tidak layak serta menjamin kualitas karkas, daging dan jeroan kurban yang Aman, Sehat Utuh dan Halal (ASUH) untuk dibagikan kepada jemaah. 

PDHI Sumut menugaskan drh. Carter Silverius Sitanggang untuk melakukan pemeriksaan ante martem dan post mortem dibantu oleh sejumlah tenaga medis kesehatan Veteriner yang sudah terlatih yakni paramedis dan Dokter Hewan. 

Kelancaran kegiatan ini juga didukung juga dari kerjasama dan peran aktif panitia, pengelola dan pengurus masjid dalam melakukan koordinasi terkait kegiatan pemantauan dan pemeriksaan hewan kurban tersebut. 

Total ada 21 ekor sapi dan 24 ekor kambing menjadi kurban dalam Hari Raya Idul Adha tahun ini di Samosir. Dengan rincian di Masjid Al Hasanah Pangururan 7 ekor Sapi dan 4 ekor Kambing, Masjid Al Ikhlas Tuktuk Siadong 6 ekor Sapi dan 4 ekor Kambing, Masjid Al Ikhwan Desa Janji Martahan 1 ekor Sapi dan 1 ekor Kambing. Di Masjid Nurul Huda Desa Turpuk Sihotang 4 ekor Sapi dan 6 ekor Kambing, Masjid Nurul Iman Hariara Pohan 2 ekor Sapi dan 5 ekor Kambing, Masjid Al Mubarokah Desa Janji Martahan 1 ekor Sapi dan 1 ekor Kambing, dan di Masjid Nurul Islam Onan Runggu 4 ekor Kambing.

Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Dr. Tumiur Gultom, SP, MP menyampaikan terimakasih kepada PDHI Sumut yang telah membantu Pemerintah Kabupaten Samosir dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban.

“Pemeriksaan hewan kurban ini adalah kewajiban kami untuk menjamin keamanan pangan di Kabupaten Samosir, khususnya hewan kurban dalam perayaan Idul Adha 2024. Terimakasih kepada PDHI Sumut yang telah membantu Pemkab Samosir”, kata Tumiur.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search