skip to Main Content

PASTIKAN STOK DAN STABILITAS HARGA BAPOKTING, BUPATI SAMOSIR MONITORING PASAR 

 

Kominfo Samosir (27/03)

 

 

Menjelang Hari raya Idul Fitri 1445 H, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dan Wabup Martua Sitanggang bersama Forkopimda Kabupaten Samosir melakukan monitoring stok Bapokting dan stabilitas harga di Pasar Onan Baru Pangururan-Desa Pardomuan I, 27/03. 

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kab. Samosir, Pantas Marroha Sinaga, Asisten II Hotraja Sitanggang, Wakapolres Samosir T. Panggabean, Kasi Intel Kejari Samosir Richard Simare mare, , Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung, Kabag Perekonomian Tri Endis Manalu, Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, BPS Kab. Samosir serta TPID.

 

Monitoring dilakukan guna mengetahui kondisi stok ketersediaan bapokting serta memantau harga bahan pokok baik ditingkat agen maupun penjual sekaligus sebagai upaya pengendalian inflasi. Berdasarkan hasil monitoring, untuk stok dan ketersediaan bapokting masih cukup aman menjelang Idul Fitri. Harga Bapokting relatif stabil dan terjangkau walaupun terdapat kenaikan harga pada beberapa Bapokting, namun ada juga yang mengalami penurunan.

 

Bawang merah mengalami kenaikan harga dari 35. 000/ kg menjadi 45.000, sebaliknya telur ayam ras mengalami penurunan harga dari Rp. 55.000 menjadi Rp. 52.000, sedangkan untuk beras medium berada di harga Rp. 14.000 dan premium Rp. 15.000 sedikit berada diatas HET. Beberapa Bapokting seperti Gula, minyak goreng, tepung berada pada harga normal. Pantauan pada sejumlah distributor, yakni UD. Tambun dan CV. Rodearni, ketersediaan stok beras aman dan tercukupi. 

 

Bupati Samosir menghimbau para pedagang untuk bisa menciptakan harga yang sama terhadap barang yang sama, tidak menaikkan harga secara sepihak serta tidak melakukan penimbunan stok yang mana akan dapat menimbulkan kenaikan harga dan meningkatnya Inflasi. 

 

Terkait adanya kenaikan harga pada beberapa Bapokting, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang mengatakan akan tetap melakukan monitoring dengan menurunkan personel dari Dinas yang menangani. “Dari hasil monitoring terdapat kenaikan harga beras dan beberapa bahan pokok, namun bapokting lainnya seperti gula, minyak goreng, tepung, daging relatif stabil” kata Martua.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search