skip to Main Content

HADIRI PERAYAAN NATAL OIKOUMENE, BUPATI SAMOSIR SERAHKAN BANTUAN PENDIDIKAN

 

Kominfo Samosir (29/12)

 

Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar perayaan Natal Oikoumene di Pelataran Gereja Katolik Inkulturatif Pangururan, 29/12.

Perayaan Natal Oikoumene 2023 mengangkat Tema “Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi”. Sub tema, Muliakan Allah dan Wujudkan Damai Sejahtera dengan Menyebarkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan demi membangun Kabupaten Samosir dan Menyongsong Pesta Demokrasi 2024. Diikuti Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, Forkopimda, DPRD Kabupaten Samosir, FK3S, FKUB, pimpinan dan staf jajaran Pemkab Samosir dan dominasi lintas gereja. Selain koor dan liturgi dari denominasi Gereja, Bupati Samosir dan Wabup bersama Forkopimda, pimpinan OPD, TNI/Polri juga ikut serta membacakan liturgi. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati/Wakil Bupati Samosir bersama Forkopimda menyerahkan bantuan pendidikan tingkat SD, SMP Negeri/swasta, SMP yatim piatu, SMA Yatim piatu, SMA Unggul Del dan Yasop,

Mahasiswa Perguruan Tinggi yatim piatu, mahasiswa berprestasi Perguruan Tinggi Negeri/swasta, Mahasiswa/i baru tahun 2023, Mahasiswa Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta, Mahasiswa Tehnik Sipil, dan Bantuan pendidikan mahasiswa 5 klaster perguruan tinggi terbaik Indonesia. 

 

“Natal bukan hanya milik kalangan tertentu melainkan harus dirasakan seluruh kalangan sama seperti saat ini, kita merasakan natal secara bersama, membacakan liturgi, bernyanyi dan berbagi damai diantara kita” kata Vandiko mengawali sambutannya.

 

Bupati Samosir mengajak seluruh jajaran di Kabupaten Samosir dan masyarakat menjadikan natal sebagai ajang merefleksikan diri, seberapa besar ajaran Tuhan yang sudah diteladani dan aplikasikan dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Terkhusus jajaran pegawai dilingkungan Pemkab. Samosir ditekankan untuk merefleksikan diri, menjadi contoh dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

 

“Refleksikan diri untuk lebih baik, jangan formalitas saja. Mengisi suatu jabatan maupun pegawai hendaknya dapat meningkatkan kinerja, fokus untuk kebaikan masyarakat agar nama Tuhan semakin dipermuliakan damai sejahtera dapat dirasakan masyarakat” kata Vandiko

 

Berangkat dari hal di atas, Vandiko mengajak satu sama lain dapat saling mengisi, saling menopang sehingga kedepan apa yang diprogramkan betul-betul bermanfaat bagi masyarakat.

 

Menjelang situasi politik 2024, Bupati Samosir mengajak seluruh stakeholder di Kabupaten Samosir untuk ikut serta menyukseskan pesta demokrasi. Kembali diingatkan jajaran Pemkab Samosir untuk tidak terlibat dalam perpolitikan, secara kontitusi dibatasi secara aturan. Diberi hak pilih bukan mengkampayekan pasangan calon. “Kita jaga kekondusifan, agar pemilu dapat berjalan baik dan lancar. Damai dan sukacita Natal beserta kita” ucap Vandiko dan menitip salam kepada seluruh masyarakat Samosir dan perantau yang sudah tiba maupun dalam perjalanan ke Samosir. 

 

Tak lupa, Bupati Samosir mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Negeri Balige yang sudah hadir langsung untuk merayakan Natal dan berharap dapat bersinergi dengan baik demi penegakan hukum yang lebih baik.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang menyampaikan, Natal bermakna sebagai suka cita besar yang membawa damai dan mengajarkan kasih. Sebagai ajang untuk berbagi kasih dan peduli sesama. Dengan perayaan Natal, Martua mengajak masyarakat Samosir memiliki kasih yang tulus dibarengi tindakan nyata, mampu bersyukur dalam segala hal dan saling mengasihi.

“Mari saling mengasihi, Yesus lahir membawa kasih, mengucap syukurlah mulai dari hal yang paling sederhana, ingat kebaikan Tuhan. Yesus lahir kedunia bukan dari kemewahan” ucap Martua. 

 

Forkopimda melalui Ketua Pengadilan Negeri Balige, Makmur Pakpahan mengatakan kehadirannya dalam perayaan natal ini menunjukkan niat baik, memberikan harapan dan cita-cita masyarakat dalam penegakan hukum yang lebih baik. Dalam menegakkan kebenaran takut akan Tuhan. Maka ia berharap Pemkab Samosir dapat berkolaborasi, komunikasi dan berintegrasi mewujudkan harapan masyarakat. “Selamat Natal buat Bapak Bupati, Wakil Bupati dan seluruh masyarakat Samosir Negeri indah kepingan Surga” tutupnya. 

 

Ketua FK3S, Pastor Masseo Sitepu mengucapkan terima kasih atas kebersamaan kehadiran masyarakat pada perayaan kelahiran Yesus. Puji Tuhan acara berjalan dengan baik, lancar, perayaan ini membawa kebahagiaan, katanya.

 

Ketua Panitia Natal Oikoumene, Kosmas Manik mengaku merasa terhormat menjadi bagian hari besar ini. Untuk tahun depan diharapkan dapat berkelanjutan sehingga bisa lebih baik dan meningkat.

 

Turut hadir, Dandim 0210 TU diwakili, Pabung G. Sebayang, Wakapolres Samosir T. Panggabean, Pimpinan dan staf OPD, Anggota DPRD Kab. Samosir Magdalena Sitinjak, Siska Ambarita, Kakan Kemenag Tawartua Simbolon, Kalapas Pangururan Jeremia Leonta, Praeses Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom, Ketua Muki Boas Pakpahan, Ketua FKUB JM. Sinaga, pimpinan BUMN/D, dan perwakilan dari Denominasi Gereja di Kabupaten Samosir.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search