skip to Main Content

PRODUK UMKM SAMOSIR MASUK MINI MARKET NASIONAL, BUPATI SAMOSIR PASTIKAN PRODUK DIJUAL DI RAK TERDEPAN

 

Kominfo Samosir (16/12)

 

Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Samosir semakin menggeliat, masuk dan dipasarkan dalam ritel modern (mini market nasional). Produk UMKM kini dapat diperoleh di Alfamidi di Kabupaten Samosir, Toba dan Simalungun. 

Untuk pertama kalinya masuk dalam mini market skala nasional, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom secara resmi melaunching produk UMKM yang dijual di Alfamidi Pangururan, 16/12.

Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Samosir Saurtua Silalahi, Asisten III, Waston Simbolon, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom,.Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Perijinan, Pilippi Simarmata. 

 

Produk UMKM yang dipasarkan di Alfamidi diantaranya, BBS Bandrek, Kembang Loyang singkong, Sasagun Samosir Cookies, Kerupuk Samosir Kulit Ikan, Sijelok Samosir original, Sijelok Samosir Psg, Alusi Coffe, Kopi Samosir, Samandali Andaliman bubuk.

 

Bupati Samosir memastikan Produk UMKM yang dipasarkan melalui ritel modern tersebut ditempatkan di rak utama dan terdepan. Vandiko menyampaikan, masuknya produk UMKM dalam mini market skala nasional (Alfamidi) merupakan komitmen dan tanggung jawab Pemerintah dalam membantu pemasaran, sehingga pelaku UMKM semakin bersemangat yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Tidak hanya itu, Vandiko menambahkan bahwa Pemkab Samosir juga berkewajiban mempromosikan produk UMKM, melakukan pendampingan, pelatihan baik dalam peningkatan kemampuan (skill) maupun packaging. Selain di gerai Alfamidi, lebih jauh lagi, produk UMKM bisa didapatkan melalui aplikasi E-Onan (dapat didownload di Palystore), sehingga dapat mengobati rasa rindu perantau dan wisatawan untuk mendapatkannya. 

 

“Saya harapkan ini menjadi penyemangat UMKM yang lain untuk mau meningkatkan kreatifitas, jangan ragu dan bisa langsung menghubungi Nakerkoperindag. Jangan takut untuk mencoba dan kami siap mendampingi serta pemasarannya” kata Vandiko 

 

Bupati Samosir menyampaikan ucapan terima kasih kepada managemen Alfamidi yang sudah mau bekerja sama dalam memasarkan produk UMKM Samosir. 

 

Dengan dilaunchingnya produk UMKM di Alfamidi, Bupati Samosir mengajak pelaku UMKM untuk lebih bersemangat dan giat, berkreasi serta berlomba, sehingga akan lebih banyak lagi yang masuk dalam mini market skala nasional. 

 

“Kemasan sudah bagus, memiliki expired bisa dicoba dan dibeli. Kepada seluruh pelanggan Alfamidi, perantau dan wisatawan ayo mampir ke Alfimidi, coba dan rasakan UMKM Samosir, kami yakin UMKM Samosir tidak kalah dengan UMKM daerah lainnya” imbuh Bupati Samosir.

 

Pelaku UMKM dari Kecamatan Ronggur Nihuta , Lasria Sihotang mengaku bangga dengan perhatian Bupati Samosir yang telah memasarkan produk Bandrek buatanya pada skala nasional (Alfamidi)

 

“Kedepannya semoga kami semakin kreatif, semakin menasional, terima kasih Bupati Samosir yang telah mendukung kami. Untuk pelaku UMKM lainnya tetap semangat karena pemerintah saat ini hadir membantu” ucapnya. 

 

Healthy Situmorang, pelaku UMKM dari Lumban Suhi Suhi Toruan , yakin dengan masuknya produk UMKM yang dikelolanya (Sasagun cookies, fish skin cracker, kembang loyang) di Alfamidi akan dapat meningkatkan perekonomian serta memacu semangatnya untuk terus berkarya.

 

“Terima kasih atas perhatian Bupati Samosir, sehingga produk UMKM kami dapat ditemukan dimini market nasional. Citra rasa tradional akan tetapi modern, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih sehingga kami sudah dapat go nasional” kata Healthy

 

Untuk pelaku UMKM lainnya, Healthy berpesan agar tetap tetap semangat dan kerja keras jika berusaha pasti bisa karena pemerintah telah hadir.

 

DPRD Kabupaten Samosir , Saurtua Silalahi yang ikut serta dalam launching, mengatakan sangat mendukung program tersebut, diharapkan kedepan semakin bertambah lagi produk yang bisa masuk ke mini market nasional. Menurutnya, pemasaran ke mini market merupakan suatu bentuk keseriusan Pemkab mendukung program UMKM meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Hari Ini merupakan hari yang bersejarah bagi UMKM Samosir, hari ini sudah naik kelas masuk skala Nasional dan harus semakin meningkat lagi” Kata Saurtua.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search