skip to Main Content

Pemerintah Kabupaten Samosir menyelenggarakan Bimtek Laporan Kegiatan Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha

 

Kominfo Samosir (15/12)

 

 

Bupati Samosir yang diwakili oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Samosir Pilippi Simarmata, S.Si membuka pelaksanaan Bimtek/Sosialisasi Laporan Kegiatan Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Kabupaten Samosir yang dilaksanakan di Vantas Hotel Parbaba, Kecamatan Pangururan, Rabu (13/12).

Kegiatan Bimtek ini digelar oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Samosir dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari sejak tanggal 13 s.d 14 Desember 2023 dimana para pesertanya adalah para pelaku usaha dari skala mikro, kecil, sedang dan besar.

Sejumlah Narasumber yang dihadirkan dalam Bimtek ini yaitu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Pilippi Simarmata, S.Si), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia/HIPMI (Michael Sinaga), BPJS Ketenagakerjaan P. Siantar (Hans Nainggolan), KPP Pratama Balige (Martin James Lumbanraja)

 

Bupati Samosir yang diwakili oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pilippi Simarmata dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penetapan Kawasan Danau Toba sebagai anggota global geopark oleh UNESCO dan sebagai destinasi pariwisata super prioritas oleh pemerintah akan membuka peluang besar untuk meningkatkan jumlah investor asing maupun investor lokal. Kegiatan usaha yang dilakukan oleh para investor tentunya akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan realisasi investasi di Kabupaten Samosir. 

 

Pilippi juga menyampaikan untuk meningkatkan realisasi investasi, maka pelaku usaha baik perseorangan maupun badan usaha wajib untuk menyampaikan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) sebagaimana diatur dalam Perka BKPM Nomor 5 Tahun 2021. Dengan ketaatan para pelaku usaha dalam menyampaikan LKPM pemerintah dapat mengetahui sektor usaha yang sedang berkembang, hambatan dalam melaksanakan kegiatan usaha serta kebijakan yang harus diterapkan agar kegiatan usaha dapat berjalan dengan lancar. Kenyataan dilapangan bahwa banyak pelaku usaha belum memahami penginputan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) melalui aplikasi Online Single Submission (OSS).

 

Mengakhiri sambutannya, Bupati Samosir meminta kepada narasumber untuk memberikan pemaparan dengan pembahasan dan interaksi dengan para pelaku usaha, sehingga ada diskusi tanya jawab yang memberi saran dan masukan demi kemajuan dunia usaha di Kabupaten Samosir.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search