skip to Main Content

Bupati Samosir Hadiri Pengukuhan DPC APDESI Kabupaten Samosir Periode 2023-2028

 

Kominfo Samosir (14/12).

 

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menghadiri pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Samosir masa bhakti 2023-2028, bertempat di Rogate Beach Hotel, Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, Kamis (14/12).

Bupati Samosir hadir bersama unsur Forkopimda, diantaranya Kapolres Samosir diwakili Kasat Reskrim AKP. Natar Sibarani, SH, MH dan Kajari Samosir diwakili Kasi Intel Richard NP. Simaremare. Turut hadir Inspektur Kabupaten Marudut Tua Sitinjak, Kadis Sosial PMD F. Agust Karokaro, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang, beserta Camat Se-Kabupaten Samosir, dan seluruh Kepala Desa Se-Kabupaten Samosir.

 

Para Pengurus DPC APDESI Kabupaten Samosir Periode 2023-2028 tersebut dikukuhkan langsung oleh Ketua DPD APDESI Provinsi Sumatera Utara Faber Tambunan dan secara simbolis menyerahkan petikan Surat Keputusan kepada Ketua DPC APDESI Kabupaten Samosir.

 

Adapun pengurus harian DPC APDESI Kab. Samosir 2023-2028 yang dikukuhkan adalah Dewan Penasehat Ihut Irencus Malau (Kades Hutanamora), Mangiring Tua Sidabutar (Kades Tomok Parsaoran). Ketua DPC Raja Sondang Simarmata (Kades Lumban Suhi-suhi Toruan), Wakil Ketua Jannes Rumahorbo (Kades Garoga), Sekretaris Bahder Sagala (Kades Huta Gurgur), Wakil Sekretaris BP. Sihotang (Kades Sampur Toba), Bendahara Sarmi Rajagukguk (Kades Siboro), Wakil Bendahara Juni Harianja (Kades Onan Runggu), serta sejumlah ketua bidang.

 

Usai dikukuhkan, Ketua DPC APDESI Kabupaten Samosir Periode 2023-2028 Raja Sondang Simarmata menyampaikan bahwa secara organisasi 128 Kepala Desa di Kabupaten Samosir telah menyatu dalam sebuah keluarga besar, yang mempunyai visi dan misi bersama yaitu membangun desa.

 

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo membangun dari desa, maka kita lah ujung tombak pembangunan itu”, katanya.

 

Raja juga meyakini bahwa seluruh Kepala Desa di Kabupaten Samosir tegak lurus kepada program pembangunan dibawah kepemimpinan Bupati Samosir Vandiko Gultom.

 

Kepada seluruh Dewan Pembina, yakni Forkopimda, Raja Sondang Simarmata memohon agar diberikan arahan dan pembinaan untuk dapat menjalankan amanah sesuai peraturan perundang-undangan.

 

Ketua DPD APDESI Provsu Faber Tambunan dalam sambutannya mengajak seluruh pengurus agar bekerja untuk membuktikan keseriusan dalam membangun desa. “Seragam kebanggan kita ini, berwarna Putih merupakan simbol dari ketulusan Kepala Desa untuk bekerja dan melayani”, kata Faber.

 

Mewakili Kapolres Samosir, Kasat Reskrim AKP. Natar Sibarani, SH, MH menyampaikan selamat kepada pengurus yang baru dikukuhkan. Polres Samosir siap mendukung dan tetap bersinergi dengan seluruh Kepala Desa di Kabupaten Samosir. 

 

“Selama ini kehadiran kita di desa melalui kehadiran Bhabinkamtibmas merupakan bukti bahwa kepolisian ikut membangun desa khususnya memberikan keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat”, uajrnya.

 

Natar juga meminta Kepala Desa agar bersinergi dengan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan menjelang Nataru dan Pemilu 2024.

 

Hal senada juga disampaikan Kasi Intel Kejari Samosir, Richard NP. Simaremare. Richard menyampaikan kejaksaan mendukung program pembangunan di setiap desa. Kejaksaan juga telah melaksanakan program Jaga Desa, yang menjadi upaya dalam melakukan asistensi, bimbingan, dan penyuluhan hukum pada aparatur desa untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan pengelolaan anggaran.

 

“Kalau ada hal-hal yang perlu kita diskusikan, silahkan datang ke kantor kami, kami siap membantu demi kemajuan desa kita”, kata Richard.

 

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST dalam arahannya menyampaikan atas nama pemerintah selamat dan sukses kepada pengurus DPC APDESI Kabupaten Samosir yang baru dikukuhkan, dan terima kasih atas dedikasi, sumbangsih pemikiran dan tenaga dari pengurus periode sebelumnya.

 

“Selamat bekerja bagi pengurus yang baru, dan segera susun program kerja yang sejalan dengan Visi dan Misi pembangunan Kabupaten Samosir”, ujar Bupati Vandiko.

 

Vandiko berharap, asosiasi ini dapat menjadi wadah silaturahmi seluruh Kepala Desa untuk menjalin koordinasi yang baik, wadah membagi ilmu dan ide pemikiran dalam membangun desa di Kabupaten Samosir.

 

Kepada Forkopimda, Bupati meminta agar sama-sama memberikan bimbingan kepada kepala desa di Kabupaten Samosir. “Mari sama-sama kita membina sesuai aturan, jangan kita biarkan berjalan sendiri-sendiri, karena saya yakin Bapak/Ibu Kepala Desa ini niatnya tulus untuk membangun desa”, katanya.

 

Secara khusus, Bupati juga berpesan, mengingat sudah memasuki tahapan pesta demokrasi Pemilu 2024, seluruh pemerintah desa, agar sama-sama mensukseskan dan mensosialisasikan pemilu damai, serta tegak lurus menjaga netralitas dan kondusifitas di wilayahnya masing-masing.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search