skip to Main Content

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional yang dirangkai dengan HUT PGRI ke-78 

 

Kominfo Samosir (27/11)

 

Bupati Samosir Vandiko T Gultom Pimpin upacara Peringatan Hari Guru Nasional yang dirangkai dengan perayaan HUT PGRI ke 78 tingkat Kabupaten Samosir dengan mengusung tema “Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju” dan “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar” bertempat di tanah lapang Kec. Pangururan, Senin (27/11). Turut hadir Wakapolres Samosir, Danramil 03/Pangururan, para Asisten, para Pimpinan SKPD, Camat dan Ketua PGRI Kab. Samosir 

Dalam pelaksanaan Upacara peringatan Hari Guru Nasional, Bupati Samosir membacakan sambutan Mendikbud Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyampaikan Optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Disampaikan, ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Selanjutnya, terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi baru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

 

Diakhir sambutannya, Mendikbud menegaskan bahwa Hari Guru Nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.

 

Dalam perayaan HUT PGRI, Bupati Samosir menyampaikan peringatan hari ini sebagai bentuk apresiasi, terimakasih dari pemerintah atas dedikasi yang dilakukan oleh guru sebagai tenaga pengajar. “saya berharap agar kita terus mendampingi siswa/siswi agar memberikan pelajaran yang baik tulus ikhlas, tidak henti hentinya memberikan pendidikan kepada siswa/siswi kita untuk meningkatkan SDM di wilayah kabupaten samosir”, ujar Bupati.

 

Sementara itu, Ketua PGRI Kab. Samosir Ruminsar Sinaga menyampaikan bahwa sejarah lahirnya PGRI setelah 100 hari Indonesia merdeka yaitu pada tanggal 25 November 1945. PGRI merupakan organisasi para guru diseluruh Indonesia yang menunjukkan profesi sebagai pengajar, PGRI merupakan mitra strategis pemerintah, sebagai konstruktif untuk membangun bangsa dan negara khususnya dibidang pendidikan. “Kepada Bupati Samosir, Ketua PGRI berharap perhatian Bupati kepada guru honor dimana masih banyak guru honor yang masih belum terangkat menjadi P3K”, ungkapnya.

 

Dalam rangkaian HUT PGRI ke- 78, Bupati Samosir menyematkan pin tanda jasa kepada perwakilan Guru dan memberikan penghargaan berupa Sertifikat yang terdiri dari beberapa Kategori antara lain: – Ketegori Capaian tertinggi penggunaan platform merdeka mengajar (PMM), – Kategori capaian tertinggi aktivasi akun belajar.ID, -Kategori nilai tertinggi rapor pendidikan, -Ketegori komunitas belajar paling aktif pada PMM, – Kategori sekolah penggerak Kabupaten Samosir, – Kategori peserta terbaik pada apresiasi GTK tingkat Provsu Tahun 2023, -Kategori peserta terbaik pada GTK tingkat Kab. Samosir, -Kategori lomba kompetensi Guru, -Kategori kegiatan turnamen bola volley tingkat Kab. Samosir.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search