skip to Main Content

Pemkab Samosir Gelar Festival Pemuda Pelopor Bidang Kuliner.

 

Kominfo Samosir (16/11).

 

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga menggelar Festival Pemuda Pelopor Bidang Kuliner Tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2023. Festival ini dibuka oleh Bupati Samosir yang diwakili Kadis Dikpora Jhonson Gultom di Komplek Kantor Bupati Samosir, Kamis (16/11).

Kabid PAUD, Dikmas, Pemuda dan Olahraga Bernad Simbolon selaku panitia pelaksana menyampaikan bahwa festival ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 16 s.d 17 Nopember 2023, yang akan diikuti oleh tim dari 9 (sembilan) Kecamatan Se-Kabupaten Samosir.

 

Dikatakan, festival ini bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan ketertarikan bagi kaum muda untuk tetap berkarya untuk mampu meningkatkan ekonomi bidang kuliner, serta mengajak pemuda di Kabupaten Samosir untuk berperan aktif dalam pembangunan.

 

Selama 2 (dua) hari, kegiatan akan diisi dengan berbagai sosialisasi kewirausahaan, festival pengolahan dan perlombaan kuliner dari 9 (sembilan) kecamatan.

 

Bupati Samosir melalui Kadis Dikpora Jhonson Gultom dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemuda merupakan ujung tombak dalam membangun bangsa, karena ditangan pemuda lah bangkitnya bangsa dan negara. Oleh karena itu, pemuda diharapkan mau bergerak cepat memanfaatkan peluang dan potensi sumber daya alam yang ada disekitarnya.

 

Kabupaten Samosir, Negeri Indah Kepingan Surga memiliki pemuda yang berpotensi diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya alam yang dikelola dengan kreatifitas dan inovatif sehingga menghasilkan karya dalam peningkatan ekonomi, khususnya di bidang kuliner.

 

“Dengan festival ini, kami harapkan pemuda mengambil hikmah untuk mengembangkan diri dan meningkatkan daya saing ekonomi di Kabupaten Samosir”, ujarnya.

 

Jhonson menambahkan, Samosir sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas, memiliki potensi dan peluang yang bagus dalam mengembangkan usaha kuliner sebagai penunjang dan pendukung industri pariwisata.

 

Memang, usaha kuliner membutuhkan modal yang cukup lumayan. Akan tetapi, Jhonson mengajak para pemuda pelaku usaha kuliner untuk mengurus izin usaha. Karena dengan adanya izin usaha, akan mempermudah untuk menambah permodalan melalui perbankan.

 

Hadir pada kegiatan tersebut, Inspektur Marudut Tua Sitinjak, Kepala BKPSDM Rohani Bakkara, Camat Nainggolan Tino Nainggolan, Camat Sianjur Mulamula Sihar Limbong, Kabid IKP Diskominfo Togarma Naibaho, Narasumber M. Purwa Kusuma (Forum Kewirausahaan Pemuda Sumatera Utara), perwakilan OPD dan Kecamatan, Tim Juri, serta peserta dari 9 (sembilan) Kecamatan.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search