skip to Main Content

MASYARAKAT DESA RONGGUR NIHUTA HARAPKAN PERBAIKAN INFRASTRUKTUR JALAN MELALUI SIRTUNISASI 

Kominfo Samosir (15/11)

Program Bunga Desa disambut baik masyarakat Desa Ronggur Nihuta, 14/11. 

Turut hadir anggota DPRD Samosir, Saurtua Silalahi, Marco Simbolon, Polma Gurning, Pilipus Pandiangan, Asisten II, Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo, Immanuel Sitanggang, para pimpinan OPD, Camat Ronggur Nihuta Bresma Simbolon, Forkopicam Ronggur Nihuta dan TBPP.

Antusias masyarakat terlihat saat menyambut kehadiran Bupati Samosir dan rombongan serta memadati pos-pos pelayanan. Selain menikmati fasilitas pelayanan gratis, masyarakat Desa Ronggur Nihuta meminta perhatian Bupati Samosir untuk peningkatan jalan melalu sirtunisasi. Perwakilan masyarakat, Midian Simbolon meminta Sirtunisasi tiap dusun terutama dalam menjelang natal dan tahun baru.

“Perbaikan jalan antar dusun membutuhkan sirtunisasi, kalau bisa 20 dumtruck satu dusun pak Bupati” katanya. 

Hal yang sama disampaikan Tokoh Masyarakat, Mangiring Simbolon, disamping alat pertanian dan irigasi, ia menegaskan bahwa saat ini masyarakat sangat membutuhkan alat berat guna perbaikan jalan desa, jalan pertanian , jalan penghubung antar desa dan akses jalan menuju tempat-tempat umum seperti sekolah, rumah ibadah. 

Sebagai Pusat Kecamatan, Kepala Desa Jonner Naibaho meminta tambahan anggaran dan dukungan pembangunan di Ronggur Nihuta dari APBD.

 

Anggota DPRD Kab. Samosir Pilipus Pandiangan yang juga penduduk Desa Ronggur Nihuta mengaku bangga dengan kehadiran Bupati di desanya. Sebagai legislatif Pilipus meminta perhatian Pemkab Samosir atas segala usulan yang disampaikan masyarakat, disesuaikan dengan keberadaan anggaran. Pilipus mengajak masyarakat memanfaatkan kehadiran pemerintah untuk menyampaikan aspirasi.

 

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, menyampaikan bahwa Bunga Desa untuk melihat secara langsung kondisi desa dan masyarakat. Mendengarkan secara langsung keluhan masyarakat dan memberikan solusi. Selain itu, Bunga Desa untuk mendekatkan pelayanan sehingga seluruh masyarakat bisa merasakan kemudahan dan hak yang sama dalam pelayananan. 

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir membagikan pupuk organik kepada seluruh Kelompok tani di Kecamatan Ronggur Nihuta dan dipastikan seluruh kelompok tani yang ada di Kabupaten Samosir mendapat bantuan pupuk organik. Bupati Samosir mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan pupuk organik dan mau belajar dan mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik sendiri. 

“Amang dan inang, mari beralih ke pupuk organik, untuk umur pertanian yang lebih panjang. Mari belajar dan jangan malas” ajaknya. Kedepan dengan kemampuan masyarakat membuat pupuk organik, Vandiko mengatakan akan membantu pembuatan sertifikasi sehingga dapat dijual dan menambah penghasilan bagi petani.

 

Dibidang kesehatan, Bupati Samosir tetap mengingatkan masyarakat yang belum tercover BPJS agar mengurus BPJS gratis bagi yang kurang mampu. Diutarakan, bahwa 99 persen penduduk sudah mendapat BPJS.

 

Kadis PUTR, Rudimantho Limbong menjelaskan, pembangunan diupayakan merata diseluruh desa dan kelurahan, sehingga setiap permintaan terkait sirtunisasi akan direalisasikan dan dalam waktu dekat. Diminta peran masyarkat bersedia memberikan lahan yang dapat dijadikan sirtu, masalah alat berat akan diarahkan.

 

Untuk tahun 2023, Rudimantho mengatakan Pembangunan di Desa Ronggur Nihuta terdapat 4 titik pembangunan jalan dan septick tank komunal sebanyak 5 titik. Total nilai APBD senilai 1,2 M.

 

Bupati Samosir mengingatkan masyarakat untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak. “Tolong jika ada kasus kekerasan perempuan dan anak, dilaporkan ini bukan aib. Kita tunjukkan bahwa kita sebagai daerah yang berbudaya dan peradaban-peradaban suku Batak” katanya. 

 

Untuk membantu kelompok tani dalam pembuatan pupuk organik, ditekankan kepala desa dapat memfasilitasi melalui APBDes, membantu sarana dan prasarana pembuatan pupuk organik. “20 persen APBDes anggaran untuk pertanian, tolong dibantu para kelompok tani. Sebelum ada, Pemkab akan meminjamkan alat pencacah” terang Vandiko. 

 

Sebagai bentuk perhatian kepada Desa Ronggur Nihuta, Bupati Samosir memberikan tambahan anggaran 160 juta dari APBD untuk peningkatan Jln. Raya Ronggur Nihuta-Jalan HKBP.

“Inilah gunanya Bunga Desa. Bisa memberikan solusi atas keluhan yang diberikan masyarkat”,tutupnya 

 

Anggota DPRD Kab. Samosir, Saurtua Silalahi, mengatakan permintaan sirtunisasi sangat banyak dan hampir dalam setiap Bunga Desa. Untuk itu diminta agar Pemkab melalui Dinas PUTR mengakomodir kebutuhan masyarakat dengan baik dan merata. Saurtua juga mengajak peran seluruh anggota DPRD khususnya Dapil I untuk membangun Ronggur Nihuta.

 

Senada dengan hal itu Marco Simbolon dan Polma Gurning mengatakan akan ikut serta mendorong pembangunan di Ronggur Nihuta dengan memanfaatkan keterbatasan anggaran saat ini.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search