skip to Main Content

Press Conference Aquabike World Championship 2023 di Jakarta, Bupati Samosir : Mudah-mudahan Dengan Event ini Kunjungan Wisatawan Mancanegara Semakin Meningkat.

Kominfo Samosir (01/11)

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama Bupati Toba, Bupati Dairi dan Bupati Karo, turut mendampingi Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, menghadiri Press Conference persiapan gelaran Aquabike World Championship 2023 di Gedung Kemenko Marves, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Kejuaraan event internasional Jetski Dunia tersebut direncanakan akan digelar di empat kabupaten kawasan Danau Toba yakni Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Toba, yang akan dimulai 22 hingga 26 November mendatang

Event Aquabike World Championship 2023 yang juga merupakan kejuaraan pertama kalinya digelar di kawasan Danau Toba akan diikuti 118 riders dari 20 negara dan 10 riders lokal dalam negeri atau riders dari Indonesia.

Perhelatan Aquabike World Championship bakal mengukir prestasi sejarah baru karena akan dilaksanakan di danau Toba, danau vulkanis terbesar di dunia. Aquabike World Championship juga menciptakan kolaborasi perdana antara empat Kabupaten di Danau Toba.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, usai mengikuti press conference di Kantor Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Panitia kejuaran, karena mengelar kejuaraan bertaraf internasional di kawasan Danau Toba.

“Mudah-mudahan dengan digelarnya kejuaraan bertaraf internasional di kawasan Danau Toba kunjungan wisatawan manca negara akan semakin meningkat ke Destinasi Pariwisata Kawasan Danau Toba, khususnya ke Kabupaten Samosir” ungkapnya.

Semenetara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengharapkan, berbagai kejuaraan dunia yang diselenggarakan di Danau Toba, dapat mendorong pembangunan sport tourism di Indonesia. Apalagi danau Toba telah sukses menyelenggarakan kejuaraan dunia F1 Powerboat pada tahun 2023 ini. 

“Mengingat kesuksesan F1 Powerboat 2023 di Danau Toba yang menjadi stimulus industri olahraga air di Indonesia, ini merupakan amanat dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dan upaya pembangunan sport tourism yang menjadi instrumen penting bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat”, ujar Dito.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wiroatmodjo menyampaikan, bahwa F1 Powerboat 2023 berhasil menarik 25 ribu pengunjung dengan dampak perekonomian senilai Rp1,7 triliun. Ia pun mengharapkan kesuksesan yang sama dapat terulang pada Aquabike World Championship.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search