skip to Main Content

BERKANTOR DI DESA SIDEAK, BUPATI SAMOSIR TINJAU NORMALISASI JALAN DAN PERBAIKAN SALURAN 

 

Kominfo Samosir (14/09)

 

Berkantor di Desa Sideak Kecamatan Palipi, Bupati Samosir meninjau pengerjaan normalisasi jalan simpang Tanjungan menuju-Dusun III Desa Sideak, 14/09.

Turut hadir, Anggota DPRD Samosir, Pantas M. Sinaga, Staf Ahli Bupati Rudi SM. Siahaan, Kadis Kominfo, Immanuel Sitanggang, dan pimpinan OPD.

Dalam program Bunga Desa ini, Bupati Samosir mengarahkan alat berat untuk melakukan Normalisasi jalan (pelebaran jalan dan pembuatan Saluran) sepanjang lebih kurang 4,3 KM. Selain itu akan dilakukan sirtunisasi sebagai solusi kerusakan jalan sehingga akan memudahkan masyarakat menempuh akses. Perbaikan jalan Sp. Aek Natonang menuju Desa Sideak Toruan menjadi program kedepan, mengingat jalan tersebut merupakan penghubung antar objek wisata. 

Kehadiran Bupati Samosir disambut Masyarakat bersama Kepala Desa Sideak.

“Masyarakat Desa Sideak rindu akan kehadiran Bupati Samosir, atas kerinduan itu, masyarakat butuh perhatian akan pembangunan, akses jalan yang sulit” kata Kepala Desa Sideak Buntu Situmorang. Selain itu, Buntu meminta bantuan penempatan tenaga medis Pustu Desa Sideak mengingat jarak puskesmas Mogang jarak cukup jauh dan alat berat untuk pembukaan jalan. 

 

Menanggapi permintaan masyarakat, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyanggupi secara langsung permintaan, akan segera menempatkan bidan untuk melayani masyarakat. Mengenai alat berat, disebutkan bahwa alat tersebut sudah dikerahkan dan saat ini sedang bekerja melakukan pelebaran jalan dan saluran. Untuk penggunaan alat berat, diminta agar masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik. “Alat berat sudah kami bawa, silahkan dimanfaatkan dengan baik. Jangan sampai alat berat pulang, masyarakat harus bersepakat karena didaerah lain juga banyak yang membutuhkan” ucap Vandiko.

Sebagai bentuk perhatian, Bupati Samosir memberikan penambahan anggaran dari APBD sebesar 100 juta untuk peningkatan jalan Paraduan-Buntu Mauli.

 

Lebih lanjut, Bupati Samosir mengatakan, Program Bunga Desa untuk memikirkan perlakuan yang terbaik untuk desa, artinya melihat secara langsung kondisi desa dan mencari solusi serta mendengarkan secara langsung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. 

 

Berbagai pelayanan gratis yang dibawa antara lain, pelayanan pengurusan Administrasi Kependudukan, pelayanan kesehatan gratis, BPJS Gratis, bantuan pendidikan untuk memotivasi siswa berprestasi, pelayanan KB, penyuluhan stunting, penyuluhan UMKM terkait manajemen usaha dan pengembangan aktivitas kerajinan masyarkat, Pengurusan perijinan berusaha, penyuluhan penyakit rabies, penyuluhan penyakit ngorok pada kerbau, pelatihan pembuatan pupuk organik/POP, dan pemberian bantuan pupuk organik. Selain itu, Bupati Samosir melakukan penaburan 1000 ekor bibit ikan, pembagian BLT dan menyaksikan langsung proses pelatihan pembuatan pupuk organik.

 

Vandiko mengajak masyarakat untuk mampu membuat pupuk organik untuk mengatasi pembatasan pupuk bersubsidi. Disampaikan, Pemkab Samosir mensiasati pembatasan pupuk bersubsidi dengan membuat pelatihan pembuatan pupuk organik “Bantuan ini hanya perangsang, selanjutkan masyarakat harus bisa membuat pupuk sendiri, mari belajar ” ungkap Vandiko.

 

Berbagai pengurusan dokumen yang sudah diselesaikan diserahkan langsung kepada masyarakat. “Pengurusan dokumen kita siapkan hari ini juga, manfaatkan pelayanan yang kami bawa dan seluruhnya gratis” tegas Vandiko. 

 

Anggota DPRD Samosir Pantas M. Sinaga yang ikut serta dalam Program Bunga Desa mengatakan mendukung program Bupati Samosir selagi untuk pembangunan.”Sebagai perwakilan rakyat mendukung program Bupati Samosir untuk rakyat, Apapun program yang disampaikan mari kita dukung” kata Pantas. 

 

Memastikan pelayanan berjalan dengan baik, Bupati Samosir meninjau secara langsung pos pelayanan dan berkomunikasi dengan masyarakat.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search