skip to Main Content

PEMKAB SAMOSIR BERSAMA USAID ERAT GELAR LOKAKARYA OPTIMALISASI SASADA DAN BIMTEK OPERATOR SASADA KAB. SAMOSIR 

Kominfo Samosir (31/08)

Untuk mengoptimalkan penyelenggaraan Satu Data di Kabupaten Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir bekerjasama dengan USAID ERAT menggelar Lokakarya dan Bimbingan Teknis (Bimtek) operator Sasada di Hotel JTS Parbaba, 31/08.

Kegiatan tersebut diikuti operator Sasada masing-masing OPD, Sekdis OPD, Kabid TI, Advent Siahaan, Kabid IKP, Togarma Naibaho, BPS Kab. Samosir, Sekcam se-Kab. Samosir.

“Aplikasi Samosir Satu Data (SASADA)” telah diluncurkan Pemkab Samosir pada 28 Maret 2023 lalu yang diperkuat keberadaannya melalui Peraturan Bupati Samosir Nomor 15 Tahun 2023 tentang Aplikasi Samosir Satu Data (SASADA) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir yang ditetapkan pada 18 April 2023. Dalam perkembangannya, SASADA masih memerlukan intervensi untuk

penyediaan data statistik sektoral yang cakupan dan kedalaman datanya lebih dalam daripada data Samosir dalam Angka.

Sekdis Bappeda Litbang Kab. Samosir didampingi Sekdis Kominfo, Denri Sihaloho menekankan, operator Sasada yang berasal dari masing-masing OPD mengikuti bimtek secara serius , karena data Sasada akan terus berkembang dan butuh input dalam aplikasi. Data yang lengkap dan akurat akan menjadi dokumen perencanaan dalam pembangunan kedepan.Aplikasi SASADA diharapkan terintegrasi dan sinkron dengan satu data Indonesia paling lambat tahun depan.

Pimpinan USAID ERAT Sumut, Hawari Hasibuan berharap Lokakarya dan Bimtek terhadap operator Sasada berjalan baik dan efektif, sehingga benar-benar menjadi satu-satunya sumber data yang akurat sebagai rujukan untuk pembangunan di Kabupaten Samosir.

Disampaikan, melalui Bimtek operator, Aplikasi Sasada dapat menyajikan data yang betul-betul Valid dan bisa dibagipakaikan sebagai rujukan dalam perencanaan pembangunan.

Wali Data SASADA melalui Kabid TI Diskominfo Kab. Samosir, Advent Siahaan menegaskan perlunya peningkatan peran verifikator/Validator pada masing-masing OPD sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Hal tersebut disampaikan agar data yang telah diinput operator terverifikasi, dapat dipertanggungjawabkan sehingga dapat dipublikasikan wali data.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search