skip to Main Content

BUPATI SAMOSIR TERIMA AUDIENSI DEPUTI BIDANG KLIMATOLOGI BMKG

 

Kominfo Samosir (29/08)

 

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menerima audiensi Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Ardhasena. S diruang kerjanya, 29/08.

Audiensi tersebut merupakan tindak lanjut dari Sekolah lapang iklim (SLI) yang digelar Stasiun Klimatologi Sumut baru-baru ini di Kabupaten Samosir. SLI merupakan bentuk pendekatan yang memberdayakan petani dan penyuluh untuk memahami dan memanfaatkan informasi iklim secara efektif dalam mendukung sektor pertanian.

Turut hadir, Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Sumut, Wahyudin, Rektor Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI), Haris, KTU Staklim Sumut, Viktor E.H. Hasibuan dan Perwakilan dari Kementerian BUMN, Asisten I Tunggul Sinaga, Kepala BPBD, Sarimpol Simanihuruk, Kadis Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom, Kabid IKP Diskominfo, Togarma Naibaho. 

 

 

Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Ardhasena. S menjelaskan, untuk peningkatan pertanian di Kabupaten Samosir diperlukan keseragaman kalender tanam yang menyesuaikan dengan cuaca dan iklim. Diseminasi iklim BMKG menjadi strategi yang baik untuk penyebaran informasi musim tanam kepada petani. Disebutkan, BMKG mempunyai platform yang dapat diakses dan nantinya akan dibuat sesuai dengan kondisi cuaca dan iklim di Samosir melalui alat pemantau. 

 

Rektor ITSI, Aries Sukariawan menyebutkan, jika terjadi musim tanam serentak, Pemkab bersama dengan petani dapat mengajukan kebutuhan pupuk secara langsung kepada pihak perusahaan pupuk, melalui program makmur yang dicanangkan Kementerian BUMN. 

Hal senada disampaikan perwakilan Kementerian BUMN, Dengan musim serentak akan dapat diketahui jumlah pupuk yang dibutuhkan, dapat mengajukan permohonan pemenuhan pupuk non subsidi (Pupuk Sriwijaya dan pupuk Iskandar muda), syaratnya dengan pembentukan kelompok. Melalui program ini akan dapat mengeksplor potensi Samosir seperti kopi dan Jagung yang sangat cocok di Kabupaten Samosir. 

 

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyambut baik dan berterima kasih atas kunjungan, saran dan perhatian BMKG ke Kab. Samosir. Selain untuk pertanian, Kabupaten Samosir sebagai KSPN perlu didukung BMKG untuk informasi cuaca dan iklim sehingga dapat diketahui wisatawan.

Terutama dalam pertanian, Vandiko meminta agar BMKG dapat membantu Kab. Samosir mewujudkan musim tanam serentak melalui analisis cuaca dan iklim.

Bupati Samosir berharap untuk tahun depan petani di Kabupaten Samosir dapat melaksanakan program tanam serentak berbagai komoditas. Dengan Tanam serentak juga akan mempermudah mendapatkan Off taker, dalam mendapatkan pupuk akan menjalin komunikasi dengan BUMN, tutup Vandiko.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search