skip to Main Content

BUPATI SAMOSIR SAMPAIKAN USULAN SARPRAS PERTANIAN KE KEMENTAN

 

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom melakukan koordinasi dan menyampaikan proposal sarana dan prasarana (sarpras) pertanian kepada Kementerian Pertanian RI, 04/08.

Kehadiran Bupati Samosir yang didampingi Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom disambut Sekditjen PSP Kementerian Pertanian RI, Bapak Hermanto dan Direktur Irigasi, Bapak Rahmanto. 

Bupati Samosir menyampaikan secara langsung usulan Kegiatan Taxi Alsintan, Embung Geo Membran, Irigasi Perpompaan dan Irigasi Perpipaan kepada Sekretaris Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI

Jenis dan Jumlah usulan yang disampaikan diantaranya, Usulan Taxi Alsintan untuk 9 kelompok tani taxi alsintan dengan jumlah 9 paket alsintan, dimana untuk 1 paket taxi alsintan terdiri dari 2 unit traktor roda 4, 5 unit traktor roda 2, 2 unit combine harvester, 5 unit cultivator dan 10 unit handsprayer. 

Usulan Embung Geo Membran untuk 5 Poktan senilai Rp.575.000.000 . Irigasi Perpipaan untuk 19 Poktan sepanjang 19 KM senilai Rp.2.580.000.000. Usulan Pompanisasi untuk 9 Poktan dengan panjang irigasi pompanisasi 9 KM senilai Rp.1.350.000.000,. 

 

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom sangat berharap dan optimis usulan tersebut dapat dialokasikan, mengingat Kabupaten Samosir masih butuh sarana dan Prasarana Pertanian yang memadai untuk kemajuan pertanian Kabupaten Samosir.

 

Penyampaian usulan tersebut diapresiasi Sekretaris Jenderal PSP Kementerian Pertanian RI, Bapak Hermanto dan Bapak Rahmanto sebagai Direktur Irigasi.

 

Hermanto mengapresiasi Bupati Samosir yang hadir secara langsung menyampaikan kebutuhan masyarakat Samosir. Disebutkan, usulan taxi alsintan akan segera di koordinasikan dengan Direktur Pembiayaan dan Direktur Alsintan di jajarannya dan diupayakan direalisasikan di tahun ini. Sedangkan usulan pembangunan embung geomembran disetujui dan dilaksanakan dalam tahun ini sebanyak 5 unit. 

 

Hermanto menambahkan bahwa usulan perpipaan dan irigasi pompanisasi menunggu perubahan APBN TA.2023 dan akan dikoordinasikan langsung oleh Direktur Irigasi.

 

Disela-sela kunjungan ke Kementerian Pertanian RI, Kadis Ketapang dan Pertanian Kab. Samosir juga mengunjungi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk koordinasi tentang usulan budidaya perikanan di kabupaten samosir sebagai tindak lanjut koordinasi kunjungan sebelumnya yang dilakukan oleh Bupati Samosir bersama jajaran.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search