skip to Main Content

Bupati Samosir Kunjungi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Usulkan Pengembangan Perikanan

 

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengusulkan Pengembangan Perikanan di Kabupaten Samosir. Usulan disampaikan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, 17/07.

Turut mendampingi, Kepala Bappeda Litbang, Rajoki Simarmata, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Tumiur Gultom, Kepala Bidang Perikanan dan Tim Bupati Percepatan Pembangunan bidang Pertanian.

Usulan yang disampaikan diantaranya Pembangunan Sentra Kuliner Ikan yang rencananya dibangun di Kawasan Water Front City Pangururan kepada Ditjen Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan.

 

Direktur Pemasaran dan Kelompok Kerja Sentra Kuliner Ikan Ditjen Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP RI menyambut baik usulan tersebut, dimana dengan kehadiran Bupati Samosir dan tim maka KKP RI akan dapat berbuat bagi Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba khususnya Kab. Samosir didukung kesediaan pembebasan lahan di lokasi strategis Kawasan Water Front City Pangururan.

 

Selanjutnya, Bupati Samosir yang didampingi Kepala Bappedalitbang berlanjut dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono dan membicarakan terkait Usulan Pemerintah Kab. Samosir secara umum terkait Pengembangan Perikanan Di Kabupaten Samosir.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Samosir dan Kepala Bidang Perikanan serta Tim Bupati Percepatan Pembangunan bidang Pertanian 

diterima Sekretaris Ditjen Perikanan Budidaya Ditjen Budidaya Perikanan KKP RI Gemi Triastutik, S.Pi, M.P membicarakan Usulan Kabupaten Samosir mengenai Bantuan Bioflok bagi kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang terdampak penertiban Keramba Jaring Apung (KJA), begitu juga dengan Bantuan Pengembangan Daerah Reeservat dalam rangka pelestarian dan peningkatan populasi ikan di perairan Danau Toba Kab. Samosir. 

Topik penting lainnya yang diusulkan adalah Rehabilitasi Balai Benih Ikan Kab. Samosir, melihat peran BBI sebagai wadah pendistribusi benih ikan di Kab. Samosir.

 

Pertemuan berlanjut dengan Ditjen Perikanan Tangkap KKP RI melalui Kelompok Kerja Ditjen Perikanan Tangkap yang terdiri dari Personil Direktorat Pengelolaan Sumberdaya Ikan yang diwakili Apjil, Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan diwakili, Taufik serta Bima dari Direktorat Perijinan dan Kenelayanan. Adapun usulan yang disampaikan yaitu terkait Usulan Pelaksanaan Restocking bibit Ikan di Situ/ Pea wilayah Pemerintah Kabupaten Samosir, Program Kampung Nelayan Maju (KALAJU) dan Program Pembuatan Rencana Induk Pengelolaan Perikanan, Program Sertifikasi Nelayan, Bantuan Mesin Perikanan dan Bantuan Alat Tangkap Ikan.

Harapan yang besar dalam setiap pembahasan disampaikan tim dari Kab. Samosir untuk pelaksanaan setiap program KKP RI di wilayah Kab. Samosir membuahkan hasil dengan adanya Bantuan dari KKP RI yaitu 2 (dua) unit Bantuan Bioflok bagi kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang terdampak penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) serta 1 (satu) paket Pembangunan Sentra Kuliner Ikan di Kabupaten Samosir. 

 

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono yang begitu responsive dalam memberi perhatian untuk masyarakat Danau Toba khususnya masyarakat Kab. Samosir.

 

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search