skip to Main Content

BUPATI SAMOSIR LAUNCHING UMKM TAMAN SITOLU HAE HORBO

 

Kominfo Samosir (30/07) 

 

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kopnakerindag menggelar Pameran Produk UMKM Samosir yang diselenggarakan di Taman Sitolu Hae Horbo Pangururan, Minggu 30 Juli 2023.

Turut Hadir dalam acara Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tetty Naibaho, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Pendidikan Jhonson Gultom, Kepala Bappedalitbang Rajoki Simarmata, Kadis Ketapang Pertanian Tumiur Gultom. 

Kegiatan dimulai dengan Peresmian Pameran Produk UMKM Samosir Taman Sitolu Hae Horbo oleh Bupati Samosir, bersama Forkopimda yang ditandai dengan pemukulan Gong. Kemudian acara juga dimeriahkan dengan pertunjukan tari, tortor dan persembahan musik biola. 

Wakil Ketua DPRD Kab. Samosir Nasib Simbolon meminta setelah Presiden RI menetapkan Kabupaten Samosir sebagai KSPN, Pemerintah Kabupaten Samosir harus berbenah terutama di Sektor Pariwisata, dengan mengedepankan sektor kebudayaan serta membenahi objek-objek wisata, dan juga membenahi UMKM agar semakin berkembang dan memiliki nilai jual.

Bupati Samosir Vandiko Gultom dalam sambutannya menyampaikan, UMKM merupakan salah satu sektor unggulan yang diperhatikan Pemerintah untuk mendukung pemulihan ekonomi. Kami dari Pemerintah Kabupaten Samosir tetap berkomitmen dan wajib untuk melakukan pendampingan/pembinaan, baik pembinaan teknik packaging, skill hingga pemasaran produk, “UMKM merupakan salah satu sektor unggulan dalam pemulihan ekonomi, jadi Pemerintah Kabupaten Samosir komit dalam pembinaan, pelatihan dan yang paling utama pemasaran produk UMKM” ucap Vandiko.

Saat ini UMKM Samosir Naik Kelas, Go Digital. Kemajuan teknologi harus kita manfaatkan untuk meningkatkan perekonomian di daerah kita masing-masing. Dengan memanfaatkan teknologi yaitu penggunaan Aplikasi E-Onan, maka hasil produk kita dapat Kita pasarkan ke daerah lain bahkan ke luar negeri. Saat ini sudah banyak jenis produk UMKM yang telah dipasarkan melalui aplikasi E-Onan, kita akan tetap dorong UMKM yang lainnya agar mendaftarkan produknya ke aplikasi E-Onan. 

 

Di tengah kegiatan yang sedang berlangsung, Bupati Samosir meninjau langsung produk – produk UMKM yang dipamerkan mulai dari Makanan cemilan, Kain Ulos, Kerajinan Tangan dan lainnya. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kartu BPJS Ketenagakerjaan Gratis, Penyerahan alat tenun ulos, kompor, dan kulkas kepada pelaku UMKM. 

 

Ketua UMKM Samosir Kormani Simbolon, mengapresiasi program pendampingan UMKM yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir. Kami sangat bersyukur, berterima kasih dan bangga, semoga apa yang kami terima bisa kami manfaatkan. Semoga UMKM Samosir semakin Naik kelas, Go-Digital, sehingga nantinya produk-produk dapat dikenal lebih luas baik nasional hingga internasional.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search