skip to Main Content

Pemkab Samosir Gelar Kegiatan Gebyar Kampanye Sekolah Sehat

 

Kominfo Samosir (28/07)

 

Dalam rangka melaksanakan kurikulum Merdeka Belajar, Pemerintah Kabupaten Samosir menyelenggarakan Kegiatan Gebyar Kampanye Sekolah Sehat yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palipi , Jum’at 28 Juli 2023.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Samosir diwakili Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Jonson Gultom, S.Pd dan Kadis Kesehatan dr. Dina Hutapea, MM beserta staf. Kegiatan yang mengusung tema “Bergerak Bersama Untuk Anak Indonesia Sehat, Kuat, Cerdas dan Berkarakter” ini dihadiri oleh tiga sekolah yakni SD Negeri 17 Saornauli Hatoguan, SMP Bintang Samosir dan SMA Negeri 1 Palipi. 

 

Kegiatan diawali dengan senam Kesegaran Jasmani (SKJ) bersama, Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bermain permainan rakyat dan olahraga tradisional dan sarapan pagi bersama dihalaman SMA Negeri 1 Palipi. 

Kegiatan selanjutnya, Kadis Kesehatan dan Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga meninjau seluruh kantin yang berada di lingkungan Sekolah dan memberikan penyuluhan kepada penjual/pemilik kantin sekolah. 

 

dr. Dina Hutapea dalam arahannya menyampaikan kepada seluruh penjual jajanan kantin untuk menjual jajanan Sehat dengan tetap memperhatikan kebersihan kantin, selalu memperhatikan masa berlaku (expired) jajanan, Melakukan pengolahan makanan dengan bahan yang baik serta penyajian makanan di wadah yang bersih dan tertutup. Agar siswa maupun guru yang membeli jajanan tetap sehat terhindar dari penyakit diare maupun penyakit lainnya.

 

Pada sesi Kegiatan selanjutnya yang diisi dengan talkshow sehat bergizi, dr. Dina Hutapea menjelaskan seputar Pola Hidup sehat yang harus dilakukan oleh seluruh siswa/i. Pertama pendidikan kesehatan yakni menyangkut kebersihan diri pribadi yaitu melakukan adaptasi kebersihan diri contohnya mencuci tangan dengan sabun, mandi teratur dirumah dan menjaga kebersihan kuku. Kedua melakukan vaksinasi campak, minum tablet penambah darah bagi remaja putri untuk mencegah anemia dan ketiga makanan makanan yang bergizi dengan menerapkan pola 4 sehat 5 sempurna. Gizi makanan yang cukup karbohidrat, protein, lemak, sayuran dan buah. Dengan pola hidup sehat, sekolah Kawasan tanpa rokok, kawasan tanpa kekerasan, anak sehat dan berprestasi menyongsong masa depan yang indah. 

 

Bupati Samosir yang diwakili Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Jonson Gultom, S.Pd menyampaikan bahwa setelah melihat langsung makanan yang siswa/i bawa dengan standar Kesehatan dan kantin yang menjual makan sehat maka Sekolah SMA Negeri 1 telah memenuhi syarat sekolah sehat. rencana kegiatan kampanye sekolah sehat ini akan rutin dilaksanakan dan rencana akan diadakan perlombaan sekolah sehat antar kecamatan. 

 

Kepala SMA Negeri 1 Palipi Bilson Sitohang, S.Pd.,M.M mengapresiasi program Pemerintah Kabupaten Samosir yang sangat peduli terhadap generasi bangsa, harapan kita kedepannya perhatian Pemerintah Kabupaten Samosir terhadap kesehatan peserta didik yang menjadi generasi emas bangsa agar tetap dipantau, diberikan motivasi bagaimana menjadi sekolah sehat menjadi peserta didik yang sehat yang berdampak positif menyambut Indonesia Rmas di Tahun 2045.Terima kasih atas program Pemerintah Kabupaten Samosir terkhusus Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga atas atensi yang telah diberikan. 

 

Mengakhiri kegiatan Kadis Kesehatan dan Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga membagikan tablet penambah darah kepada siswi remaja putri dan juga meninjau hasil tanam-tanaman siswa yang berada di areal kebun Sekolah.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search