skip to Main Content

Bupati Samosir Dampingi TP. PKK Provsu Monitoring Desa Lumban Suhisuhi Toruan Sebagai Desa Binaan Pelaksana UP2K PKK.

 

Kominfo Samosir (8/6).

 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST, mendampingi Tim dari TP. PKK Provinsi Sumatera Utara dalam rangka monitoring dan penilaian Desa Binaan Pelaksana UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PKK Tingkat Provsu Tahun 2023 di Desa Lumban Suhisuhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kamis (8/6).

Tim Monitoring Desa Binaan UP2K TP. PKK Provsu yang hadir diantaranya Ketua Tim Monitoring Netty Hernita, Ketua Pokja II TP. PKK Provsu Bidasari Daulay dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provsu.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua TP. PKK Kabupaten Samosir Ny. Harta M. Sitanggang, Kadis Sosial PMD F. August Karokaro, Kadis P3AP2KB dr. Friska Situmorang, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Pariwisata Tetty Naibaho, Camat Pangururan Robintang Naibaho, Kepala Desa Lumban Suhisuhi Toruan Raja Simarmata, TP. PKK Kabupaten, PKK Kecamatan Pangururan dan Kelompok pelaksana UP2K PKK Desa Lumban Suhisuhi Toruan.

Kades Lumban Suhisuhi Toruan Raja Simarmata dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa kunjungan Tim Monitoring TP. PKK Provsu ke Desa Lumban Suhisuhi Toruan akan menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan pelayanan dan peningkatan ekonomi keluarga melalui program UP2K PKK. Disampaikan, bahwa program ini sangat bermanfaat dan sudah dirasakan masyarakat desa dengan hanya pengolahan sederhana dapat menghasilkan produk-produk yang siap dipasarkan dengan memanfaatkan bahan baku lokal hasil pertanian.

 

Sementara itu, Ketua TP. PKK Kabupaten Samosir Ny. Harta Rohana M. Sitanggang manyampaikan setelah sebelumnya dilakukan supervisi oleh TP. PKK Provsu, Desa Lumban Suhisuhi sebagai Desa Binaan Pelaksana UP2K PKK telah mengalami berbagai kemajuan yang didapat oleh masyarakat. Beberapa diantaranya adalah perkembangan usaha yang dirintis bermula dari peningkatan pendapatan keluarga, munculnya produk-produk turunan, sistem pembayaran digital, adanya toko PKK baik secara fisik dan digital, serta mendapat Juara 1 Lomba Vlog Tingkat Nasional.

 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dalam arahannya menyampaikan selamat datang di Kabupaten Samosir, Titik Awal Peradaban Bangsa Batak bagi tim monitoring PKK Provsu dan rombongan yang hadir.

 

Bupati berharap melalui lomba UP2K-PKK ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, diharapkan dapat mendorong inovasi produk unggulan desa dan menumbuhkan wirausaha baru dan mandiri.

 

TP. PKK sebagai mitra Pemerintah Daerah memiliki peran penting dalam membantu mewujudkan visi dan misi untuk mewujudkan masyarakat samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

 

“Samosir sebagai daerah pariwisata super prioritas, tentu akan semakin cepat berkembang bila didukung oleh sinergitas dari seluruh pihak. Termasuk TP. PKK melalui 10 Program Pokok PKK”, ujar Bupati Samosir.

 

Tahun ini, Samosir akan mengikuti lomba Desa Binaan Tingkat Provsu pada 3 kategori, yakni Desa Lumban Suhisuhi Toruan sebagai Pelaksana UP2K PKK, Desa Huta Gurgur Kecamatan Sianjur Mulamula sebagai Pelaksana HATINYA PKK, dan Kecamatan Simanindo sebagai Pelaksana IVA TEST PKK. Bupati Samosir berharap Desa Binaan yang mengikuti lomba ini dapat memperoleh hasil yang terbaik.

 

Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi dalam sambutannya yang disampaikan oleh Ketua Tim Monitoring Ny. Netty Hernita mengatakan, monitoring ini merupakan salah satu agenda penting yang dilaksanakan PKK melalui 10 program pokok PKK.

 

“Kegiatan monitoring dilaksanakan di Desa dan Kelurahan pelaksana terbaik kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yang menjadi binaan PKK Kabupaten dan Kota serta PKK Kecamatan,” terangnya.

 

Tujuannya agar gerakan PKK benar-benar nyata ada ditengah – tengah keluarga dan masyarakat, para kader PKK juga kelompok dasawisma.

 

“Untuk itu kita dapat merasakan manfaat besar dari gerakan PKK sehingga PKK tumbuh dan berkembang secara baik dan punya prestasi karena kader ceria, cerdik dan cekatan demi PKK gemilang,” katanya.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search