skip to Main Content

Dinas Ketapang Pertanian Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Ikan Merah.

 

Kominfo Samosir (24/5).

 

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Medan, menggelar pelatihan diversifikasi olahan hasil perikanan dengan pemanfaatan ikan merah (red devil) yang digelar di Aula Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir, Rabu (24/5).

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir yang diwakili oleh Kabid Perikanan Ronny Sitanggang,S.Pi, MM, yang diikuti oleh 30 orang nelayan dari Kecamatan Pangururan, Simanindo dan Palipi. Adapun Narasumber yang dihadirkan dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Medan diantaranya Hery Agustiawan, Bayu Sri Indardeka dan Tedis Afdal. 

 

Dalam sambutannya, Kabid Perikanan Ronny Sitanggang menyampaikan tujuan pelatihan ini untuk menjadikan ikan merah (red devil) yang dikenal sebagai hama di perairan Danau Toba, dapat dimanfaatkan sebagai produk olahan makanan. Sehingga, ikan jenis red devil memiliki nilai tambah dan berdaya guna, dan akan memberi nilai tambah bagi wisata kuliner di Kabupaten Samosir. Selain itu, langkah ini juga diharapkan dapat mempercepat pengurangan populasi Ikan Merah di Danau Toba.

 

Ronny juga menyampaikan, terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam hal ini Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Medan, yang tanggap akan kondisi permasalahan nelayan di Kabupaten Samosir, Dengan membuat pelatihan produk olahan Ikan Merah yang pendanaannya bersumber dari dana APBN.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search