skip to Main Content

HADIRI PESTA SILAHISABUNGAN, BUPATI SAMOSIR RESMIKAN SOPO PARTUNGKOAN DAN MENARA

 

Kominfo Samosir (24/04)

 

Tanda tangani Prasasti, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom meresmikan Sopo Partungkoan dan Menara Raja Silahisabungan di Dolok Paromasan, Desa Lumban Pinggol-Pangururan-Samosir, (24/4).

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyambut baik dan mendukung pelaksanaan acara peresmian sopo partungkoan dan menara Silahisabungan. Menurut Bupati, pelaksanaan acara ini semakin menguatkan bahwa Samosir merupakan titik nol peradaban suku Batak dan akan semakin baik apabila setiap marga melaksanakan acara serupa.

“Selamat dan sukses atas peresmian Sopo Partungkoan dan Menara Silahisabungan. Secara pribadi saya bangga dan senang, menghadiri peresmian ini. Atas nama Pemkab Samosir, saya mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada pomparan Raja Silahisabungan yang telah melaksanakan berbagai kegiatan di Kabupaten Samosir” kata Vandiko. 

 

Selain itu, Bupati Samosir memuji kesatuan pomparan Raja Silahisabungan sehingga acara dapat berlangsung dengan baik. Pelaksanaan berbagai acara adat maupun acara marga-marga akan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat. Untuk itu, Vandiko berharap dengan diresmikannya Sopo Partungkoan dan Menara Silahisabungan dapat memberikan efek dalam peningkatan ekonomi, khususnya pomparan marga Silahisabungan dengan penerapan UMKM disekitar lokasi.

“Sopo dan Menara ini sangat bagus, kiranya dapat menjadi Sopo yang hidup, yang dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat, khususnya pomparan Silahisabungan” ungkapnya. 

 

Sebagai bentuk dukungan, disampaikan bahwa Pemkab Samosir bersedia melakukan pembinaan, membantu dengan memberikan pelatihan, sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik wisata, yang bermuara pada peningkatan nilai ekonomi dengan penjualan souvenir yang berhubungan dengan sopo dan menara. 

 

Sesuai usul panitia, Bupati Samosir menyampaikan, Dolok Paromasan telah diusulkan menjadi sebuah Cagar Budaya. Hasilnya menunggu penilaian, jika berhasil makan akan segera ditetapkan.

 

“Selamat kepada pomparan Silahisabungan, Selamat Paskah, Selamat Lebaran Idul Fitri semoga Tuhan memberkati kita semua.” kata Vandiko T. Gultom mengakhiri. 

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir didaulat memberikan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan kepada pemenang lomba lari yang sudah dilaksanakan sebelumnya. 

 

Turut hadir, Pj. Sekda Waston Simbolon, Para Asisten, pimpinan OPD, Camat Pangururan. Ketua umum pomparan Silahisabungan, Wesly Silalahi, ketua pelaksana pesta Parulian Silalahi, penasehat Muller Silalahi serta utusan pomparan Silahisabungan dari berbagai daerah.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search