skip to Main Content

Gelar Press Tour Propinsi Sumatera Utara, Kemnaker bersama Forwaker Kunjungi BLK Samosir.

Kominfo Samosir (28/2).

Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Biro Humas menggelar Press Tour Propinsi Sumatera Utara dengan mengajak 14 Media Online dan Cetak Nasional yang tergabung dalam Forwaker (Forum Wartawan Ketenagakerjaan) ke UPTD BLK Samosir, di Komplek Perkantoran Parbaba, Kabupaten Samosir, Selasa (28/2).

Rombongan yang dipimpin oleh Karo Humas Kemnaker RI Chairul Fadhly Harahap, SE, MM didampingi Kepala BBPVP Medan diwakili Ramses Simanjuntak, dan awak media yang tergabung dalam Forwaker, diterima oleh Sekdis Kopnakerindag Saut Simbolon dan Kepala UPTD BLK Samosir Dumasari Hogara Sitanggang di Komplek Gedung Perhotelan BLK Samosir.

Kegiatan Press Tour Biro Humas Kemnaker ini mengangkat tema “Sinergitas Pers dan Pemerintah dalam Memperkuat Peran Strategis BLK dalam Peningkatan Kompetensi SDM”.

Kepala UPTD BLK Samosir Dumasari Hogara Sitanggang menyampaikan terimakasih atas dipilihnya BLK Samosir sebagai salah satu BLK yang dikunjungi dalam kegiatan Press Tour ini. Tentu melalui kunjungan ini akan semakin memperkuat hubungan baik dengan media sebagai mitra kerja dalam penyebarluasan informasi di bidang ketenagakerjaan dan akan mengangkat upaya-upaya yang sudah dilakukan Pemkab Samosir melalaui UPTB BLK dalam mengembangkan potensi dan kualitas SDM bidang ketenagakerjaan.

Kepala Biro Humas Kemnaker RI Chairul Fadhly Harahap, SE, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Press Tour kali ini menghadirkan 14 orang awak media yang tergabung dalam Forwaker. 

“Kami hadir disini sebagai perwakilan dari Kemnaker bersama Forwaker akan menarasikan, menceritakan dan mempublikasikan tentang apa yang sudah dilakukan di BLK ini, yang bisa menjadi bahan untuk membranding dan memberikan pemberitaan terkait aktifitas BLK ini”, katanya.

Melalui press tour ini, Chairul Fadhly berharap insan pers dapat mempublikasikan terkait upaya pemerintah khususnya Kemnaker, yang mana salah satu perannya menyiapkan calon pekerja dari sisi kompetensi sesuai dengan pasar kerja lokal dan regional.

“Peran BLK sangat strategis dalam menyiapkan calon pekerja yang langsung link and match dengan kebutuhan pasar, dan kesiapan kompetensi SDM yang bisa diserap oleh kalangan industri”, ujar Chairul Fadhly.

Ketua Forwaker, Hamdan, dari media Indonesiaplus.id, menyampaikan 14 awak media yang hadir akan mempublikasikan apa yang dilakukan oleh BLK Samosir, sehingga akan dibaca oleh publik dan pengambil kebijakan di pusat.

“Kami sebagai mitra kerja pemerintah, akan menyampaikan kepada khalayak bahwa BLK sudah melakukan tugas yang luar biasa ditengah keterbatasan dan tantangan yang ada mampu mencetak SDM yang memiliki kompetensi yang bisa diserap oleh kalangan industri”, ujarnya.

Hamdan berharap melalui sinergitas pers dan pemerintah dalam memperkuat peran strategis BLK, akan memberi branding bahwa BLK itu bukan menjadi pilihan terakhir tetapi bisa menjadi pilihan pertama dan yang utama.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir yang diwakili oleh Sekdis Saut Simbolon menyambut baik kegiatan Press Tour di BLK Samosir.

Dikatakan, BLK Samosir adalah UPTD yang berada dibawah naungan Dinas Kopnakerindag masih memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang masih minim. Namun, ditengah keterbatasan ini, BLK tetap berupaya untuk dapat mengembangkan potensi daerah dan meningkatkan kualitas SDM melalui berbagai pelatihan berbasis kompetensi setiap tahunnya.

Mengingat potensi daerah adalah pariwisata dan Danau Toba merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Saut Simbolon berharap dukungan dari BBPVP Medan untuk memberikan tambahan pelatihan kompetensi bidang pariwisata dan UMKM, dan Kementerian Ketenagakerjaan dapat memberi dukungan penambahan sarana dan prasarana di BLK Samosir.

Selanjutnya, Karo Humas Kemnaker RI didampingi Kepala UPTD BLK Samosir mengajak para awak media melakukan kunjungan ke lokasi pelatihan berbasis kompetensi yang sedang berlangsung, guna melihat, mengamati, dan mengeksplor program dan kegiatan di BLK Samosir.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search