skip to Main Content

Bupati Samosir Sambut Hangat Kunjungan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) 

Kominfo Samosir (5/1)

Bupati Samosir Vandiko T Gultom yang diwakilkan oleh Pj. Sekretaris Daerah Waston Simbolon didampingi Asisten I Tunggul Sinaga, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang dan Pimpinan SKPD serta Camat Pangururan sambut hangat kunjungan Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Aula Hotel Vantas Desa Sialanguan Kecamatan Pangururan, Minggu (5/1).

Rombongan SMSI yang hadir diantaranya Ketua Bapak Firdaus, Sekjen SMSI Bapak Nasir beserta pengurus dan anggota SMSI se-Indonesia, Ketua SMSI Prov. Sumut Erris Julietta Napitupulu, Plt. Ketua SMSI Kab. Samosir Hotman Siagaan. Kunjungan Ketum SMSI beserta rombongan dalam rangka Audiensi untuk mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 yang dirangkai dengan kegiatan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba (GKT) yang diselenggarakan di Wilayah Sumut dari tanggal 4-6 Februari 2023.

Dalam sambutannya Pj. Sekretaris Daerah Waston Simbolon mengapresiasi, merasa terharu atas kehadiran SMSI di Kabupaten Samosir dan siap mendukung serta menyukseskan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sebagai tuan rumah, khususnya rangkaian kegiatan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang dilaksanakan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dimana Kabupaten Samosir termasuk salah satu Kabupaten/Kota yang menjadi tujuan kunjungan.

Menurut Sekda, Samosir sebagai titik nol peradaban Batak sejalan dengan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, dimana pelaksanaan ini akan memberikan dampak yang positif untuk mempertahankan Geopark Kaldera Toba yang menyandang predikat Unesco Global Geopark (UGG) atau Taman Warisan Bumi Unesco. Secara umum, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memajukan kawasan wisata Danau Toba khususnya Samosir yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai destinasi wisata super prioritas.

“Dalam pembangunan di Kabupaten Samosir diperlukan kerjasama yang baik dari beberapa pihak yakni Pemerintah, Akademisi, peran swasta, insan pers dan terkhusus kepada SMSI, oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk bergandengan tangan, mengambil peran dan berkontribusi dalam pembangunan Indonesia terutama Kabupaten Samosir, peran media sangatlah diharapkan dalam menginformasikan pembangunan, mengajak masyarakat untuk cinta lingkungan serta mengajak masyarakat untuk turut mendukung pembangunan yang sedang berlangsung untuk kemajuan Samosir.”, ujar Sekda.

Diakhir sambutannya, Sekda juga berharap kepada seluruh rombongan SMSI untuk dapat menginformasikan kepada Indonesia dan Dunia betapa indahnya Danau Toba dan pulau Samosir. “Melalui goresan pena dan media bapak/ibu kelola, kami berharap seluruh rombongan SMSI dapat memberikan informasi positif untuk mengikat wisatawan mau berkunjung ke kawasan Danau Toba khususnya Kabupaten Samosir”, pungkasnya.

Ketua panitia pelaksana Ekspedisi Geopark Kaldera Toba rangkaian kegiatan HPN Tahun 2023 Erris J Napitupulu menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat Pemkab Samosir dalam kunjungan SMSI di Kabupaten Samosir, Erris berharap dengan kunjungan SMSI di Kabupaten Samosir, Bupati Samosir turut serta dan menyukseskan pelaksanaan kegiatan HPN 2023 yang akan dilaksanakan di wilayah Sumut.

Disampaikan, bahwa Ekspedisi Geopark Kaldera Toba telah mengunjungi Geosite Kaldera Toba di Tapanuli Utara dan penandatanganan MoU dengan bupati. “kami juga tadi sudah berkunjung di Geosite Samosir dan pada kesempatan ini kami juga akan melakukan penandatanganan MoU dengan pengurus BP-GKT Samosir “, ucapnya.

Selanjutnya, rangkaian kegiatan akan berlanjut di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut pada 7 Februari, untuk Silaturahmi Nasional SMSI, yang antara lain diisi dengan pelantikan Pengurus SMSI Sumut 2022-2027 dan pemberian penghargaan SMSI kepada para kepala daerah terpilih di Sumut serta kepada Direksi BUMD.

Dalam sambutannya, Sekjen SMSI menyampaikan terimakasih atas sambutan yang diberikan Pemkab Samosir, dirinya menyampaikan rasa kagum dengan keindahan Danau Toba dan Samosir setelah mengunjungi Geosite Kaldera Toba Samosir. “Saya pernah berkunjung ke Perencis akan tetapi setelah saya bandingkan denhan Danau Toba, Perancis tidak ada apa-apanya dengan keindahan Danau Toba”, ujarnya.

Selanjutnya disampaikan SMSI optimis akan mendaftarkan hasil karya tulis tentang Danau Toba kepada rekor muri dan rencana lanjutannya membuat buku untuk menambahkan koleksi perpustakaan agar dapat disampaikan kepada seluruh masyarakat yang nantinya dapat dibaca di seluruh dunia. “Rombongan SMSI yang berkunjung saat ini akan membuat tulisan dan nantinya akan di viralkan tentang keindahan Danau Toba dan Samosir”, ungkapnya.

Kehadiran SMSI di Danau Toba untuk mendukung dan memberikan informasi kepada masyarakat seluruh Indonesia melalui media tentang keindahan Danau Toba serta Geosite Kaldera Toba yang telah di tetapkan Unesco sebagai UGG. 

Diakhir acara Pemkab Samosir memberikan Cinderamata kepada rombongan SMSI sebagai bentuk Apresiasi dan ucapan terimakasih dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Samosir, dan penandatangan MoU SMSI dengan Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BP-GKT) Tentang Promosi Geopark Kaldera Toba

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search