skip to Main Content

Wabup Hadiri Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Konstruksi Jalan dan Jembatan.

Kominfo Samosir (27/1).

Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM didampingi Kepala Bappeda Rajoki Simarmata, SAB Bidang TKP dan SDM Rudi Siahaan, SAB Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hut Isasar Simbolon, Kabag Pembangunan Eris R. Simbolon, menghadiri Seminar Nasional Teknik Jalan 2023 dengan Tema “Peningkatan Kualitas Konstruksi Jalan dan Jembatan” yang digelar di Samosir Cottages, Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Jumat (27/1).

Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Konstruksi Jalan dan Jembatan yang selenggarakan oleh DPD HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia) Sumatera Utara bekerjasama dengan BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) Sumatera Utara dihadiri oleh Ketua Umum DPP HPJI Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.Sc, Ketua DPD HPJI Sumut Ir Umar Zunaidi Hasibuan, MM dan diikuti peserta dari jajaran Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Anggota HPJI Se-Indonesia yang diikuti secara daring dan luring.

Sejumlah Narasumber dihadirkan dalam seminar tersebut, diantaranya Mr. Hein De Jong (Specialist Value Engineering in ESP Project), Elvin Tehmono (Value Engineering Consultant in PMC), Timme Hendriksen (VE Coordinator in Directorate General of Railway Netherland), Ir. Iwan Zarkasi, M.Eng, SC (Direktur LSP Infrastruktur Jalan dan Jembatan Indonesia), Dr. Ir. I Nyoman Suaryana, M.Sc (Kabid II Pertemuan Ilmiah, Publikasi dan Jurnal DPP HPJI) dan Prof. Widjojo Adi Prakoso, Ph.D, GEng (Guru Besar UI).

Saat membuka acara, Ketua Umum DPP HPJI Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.Sc menyampaikan penyelenggaraan seminar ini adalah untuk memberikan pengetahuan pada perencanaan dan pelaksanaan proyek jalan dan jembatan dan pendalaman dalam mengurangi biaya dalam satu proyek.

Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di Samosir Negeri Indah Kepingan Surga, kepada seluruh panitia dan peserta seminar. 

Disampaikan, sejak kunjungan pertama Presiden RI Joko Widodo di Desa Tomok, beberapa proyek infrastruktur nasional sektor bina marga telah dikerjakan di Samosir diantaranya, Preservasi dan Pelebaran Jalan Nasional dan Jembatan Lingkar Samosir, Penanganan Jalan Akses Wisata Rohani dan Penggantian Jembatan Aek Tano Ponggol. Atas terlaksanya poyek dimaksud, melalui acara ini, disampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung pembangunan, sehingga Samosir sungguh merasakan dampak positif yang luar biasa, salah satunya dengan meningkatnya wisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Wabup Martua berharap melalui seminar ini, semoga dapat meningkatkan kualitas jalan dan jembatan secara khusus di Samosir dan secara umum di penjuru NKRI. Wabup juga menyampaikan terimakasih kepada panitia yang telah memilih lokasi penyelenggaraan di Kabupaten Samosir sebagai bagian dari paket wisata Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE) yang dapat mempromosikan wisata Samosir, produk UMKM yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search