skip to Main Content

Buka kegiatan Pendidikan Politik Dalam Rangka Sosialisasi Pemilu Serentak 2024, Bupati Samosir Ajak Pemerintah Desa dan BPD Sukseskan Pemilu Serentak. 

 

Kominfo Samosir (14/12)

 

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Pendidikan Politik Dalam Rangka Sosialisasi Pemilu Serentak 2024, di Wisma A.E. Manihuruk Desa Lumban Suhisuhi Toruan, Pangururan, Selasa (13/12)

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Samosir yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Tunggul Sinaga, Ketua KPU Kabupaten Samosir Ika Rolina Samosir dan Ketua Bawaslu Kabupaten Samosir Anggiat Sinaga sebagai narasumber. Pelaksanaan kegiatan tahap pertama ini diikuti oleh Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Simanindo, Kecamatan Pangururan, Kecamatan Ronggurnihuta, Kecamatan Sianjurmulamula dan Kecamatan Harian. 

Kepala Badan Kesbangpol Samosir Dumosch Pandiangan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap peran Kepala Desa dan BPD dalam menyukseskan Pemilu serentak tahun 2024. Kepala Desa dan BPD diharapkan turut mensosialisasikan tahapan pelaksanaan Pemilu dan secara aktif mengajak warga desa untuk berpartisipasi memberikan hak suaranya dalam Pemilu tahun 2024. 

Bupati Samosir yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Tunggul Sinaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Anggota DPR, Anggota DPD, Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota serta sesuai amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 bahwa Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota hasil Pemilihan tahun 2020 menjabat sampai dengan tahun 2024 dan pemungutan suara serentak untuk Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, serta Walikota/Wakil Walikota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilaksanakan pada bulan November 2024. 

Maka untuk itu, saya mengajak seluruh Kepala Desa dan BPD untuk turut mengambil peran aktif menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum serentak tahun 2024. Kepala Desa, saya ajak untuk dapat memfasilitasi pelaksanaan Pemilu sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. 

Lebih lanjut, Bupati juga meminta agar dalam setiap tahapan Pemilu seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Samosir dapat bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Samosir dan Bawaslu Kabupaten samosir untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2024 di Kabupaten Samosir.

 

 

 

 

 

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search