skip to Main Content

SEKDA SAMOSIR TERIMA MAHASISWA KKN UNIMED  

Kominfo Samosir (25/07)

Penjabat Sekdakab Samosir, Hotraja Sitanggang menyambut kehadiran KKN Mahasiswa Unimed tahun 2022 di Aula Kantor Bupati Samosir, 25/07.

 

Sebanyak 741 mahasiswa Unimed akan melakukan KKN di Kabupaten Samosir selama 28 hari. Mahasiswa Unimed disebar pada 9 kecamatan di 35 Desa. 

 

Pelaksanaan KKN Unimed di Samosir ditandai dengan penandatanganan serah terima mahasiswa Unimed oleh Koordinator Lapangan KKN Unimed dengan Sekdakab Samosir selanjutnya serah terima dengan Camat se-Kabupaten Samosir.

 

Sekdakab Samosir, Hotraja Sitanggang bersama pimpinan OPD Kabupaten Samosir menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan KKN Mahasiswa Unimed di Kabupaten Samosir . Diharapkan, mahasiswa dalam melaksanakan KKN, dapat membantu pemerintah dalam merubah mindset masyarakat untuk menjadi tuan dan nyonya rumah yang baik sebagai daerah pariwisata. “Buatlah perubahan ditengah masyarakat, berikan ide-ide kreatif yang dapat membantu perekonomian masyarakat Samosir. Terutama merubah mindset masyarakat, agar menyadari peran sebagai bagian dari pariwisata Kabupaten Samosir” kata Hotraja.

 

Disamping itu, Hotraja Sitanggang menambahkan agar, selama pelaksanaan KKN tetap menjaga kearifan lokal dan budaya masyarakat, menerapkan prinsip dalihan natolu. Dengan demikian akan terjalin kekeluargaan dan kenyamanan dilingkungan KKN.

 

Mahasiswa KKN diminta bisa menjadi agen perubahan budaya bersih untuk menurunkan angka stunting. Memberi pelajaran, membuka inspirasi dan mengarahkan anak didik untuk memiliki cita-cita dan semangat. 

 

Sekda menjelaskan, arah pembangunan Kabupaten Samosir adalah Pariwisata dan Pertanian. Pada tahun 2025 akan menjadi tujuan wisata internasional. Hal didukung dengan penetapan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia, yang membuat langkah Pemkab Samosir semakin mudah, dengan integrasi pembangunan pariwisata oleh pemerintah pusat dan propinsi.

 

Untuk itu ditekankan, agar mahasiswa KKN Unimed dapat membantu Pemkab Samosir menerapkan pembelajaran aksara dan musik Batak, penerapan konsep agrowisata, pembinaan Pokdarwis, BUMDes dan UMKM.

“Manfaatkan situasi ini, adek-adek turun di desa, pertemuan hari ini, pertemuan dengan masyarakat, harus menjadi pertemuan yang berkualitas. Berbuat yang terbaik demi Kabupaten Samosir yang lebih baik” ucap Hotraja menutup arahannya.

 

Koordinator lapangan KKN Unimed, Jamalum Purba menyampaikan, 741 mahasiswa Unimed yang akan melaksanakan KKN terdiri dari 7 fakultas dan akan dimulai pada tanggal 25 Juli s.d 20 Agustus 2022.

 

Thema KKN yang diusung adalah “Membangun Desa di Era New Normal”. Selama melaksanakan KKN di Samosir, mahasiswa KKN Unimed membangun pengetahuan, melaksanakan Program kemanusiaan, edukasi dan Inovasi pembelajaran berbasis teknologi serta membantu pemerintah dalam menyukseskan program pembangunan. 

“Kami menitipkan mahasiswa kami selama melaksanakan KKN di Samosir”, kata Jamalum.

 

Dalam kesempatan tersebut, Hotraja Sitanggang memberikan cindera mata dan Stola kepada koordinator lapangan dan rombongan dosen Unimed. Sebaliknya, menerima cindera mata dari Unimed.

Bagikan Artikel :

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search