skip to Main Content

Dinas Ketapang dan Pertanian Kab. Samosir Kembangkan Penangkar Bawang Merah.

 

Kominfo Samosir, (12/07)

 

Peningkatan taraf hidup masyarakat melalui sektor pertanian terus digalakkan di Kabupaten Samosir, terutama dalam pengembangan budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Salah satunya, komoditas Bawang Merah merupakan tanaman hortikultura yang perlu dikembangkan.

 

Pengembangan bawang merah di Kabupaten Samosir selain untuk dikonsumsi perlu diarahkan untuk menghasilkan bibit, dalam hal ini petaninya menjadi petani penghasil bibit (penangkar), dengan harapan sanggup memenuhi kebutuhan bibit di Kabupaten Samosir bahkan bisa memasok ke daerah lain.

 

Hal itu disampaikan Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Dr. Tumiur Gultom, saat menggelar pertemuan bersama Kelompok Tani Siriaon Desa Pardomuan Kec Onan Runggu, Selasa (12/7).

 

Menjawab dalam pemenuhan bibit tersebut, Tumiur Gultom menjelaskan akan dibangun bangsal penangkar bawang merah di Desa Pardomuan sebagai tempat penampung hasil penangkaran bawang merah yang diperhitungkan seluas 5 Ha tersebar di beberapa desa di Kec. Onan Runggu. 

 

Dirinya juga menyampaikan selain akan difasilitasi bangsal penangkar, juga diberikan benih sebanyak 1.2 ton, pupuk dan didukung saprodi lain. Poktan harus berkomitmen untuk tidak menjual bibit hasil penangkaran untuk dikonsumsi. Masa panen bawang merah yang tergolong cepat, hanya 60-70 hari memerlukan ketelatenan dan perawatan yang tepat hingga penanganan pasca panennya.

 

“Melalui penangkaran ini kami mendorong petani untuk bersungguh-sungguh dan menularkannya kepada petani yang lain, semoga ketergantungan bibit bawang merah dari luar Samosir perlahan dapat diatasi” jelas Tumiur Gultom.

 

Sementara itu, Ketua Poktan Siriaon Desa Pardomuan Kardo Gultom berharap program penangkaran bawang merah di desanya dapat berhasil dengan baik.

 

“Harapan kami penangkaran bawang merah yang dikembangkan di desa ini hasilnya bagus, mohon didampingi oleh petugas pertanian serta dijamin pemasaran hasil panennya,” ujarnya.

 

Pada kesempatan yang sama Poktan Siriaon Onan Runggu menerima Sertifikat Kompetensi Produsen Benih Hortikutura dan Sertifikat Kompetensi Pengedar Benih Hortikultura yang diserahkan oleh Jabontin Simanjuntak selaku Pengawas Benih Tanaman Kabupaten Samosir.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search