skip to Main Content

Tindak Lanjut Kunjungan Bupati dengan Menteri Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Sampaikan Proposal ke beberapa Dirjen di Kementerian Pertanian RI

Kominfo Samosir – (16/6)

Menindaklanjuti kunjungan Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dengan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo beberapa waktu yang lalu di Jakarta, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir Dr. Tumiur Gultom melakukan kunjungan ke beberapa Dirjen di Kementerian Pertanian RI di Jakarta, Rabu (15/6).

Kunjungan ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam upaya mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian RI untuk program pengembangan pertanian di Kabupaten Samosir.

Kadis Ketapang dan Pertanian Kab. Samosir beserta jajaran mengawali pertemuan dengan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) yang diterima langsung oleh Direktur Irigasi. Dalam kesempatan tersebut, Kadis Pertanian Kab. Samosir menyampaikan beberapa usulan dan proposal untuk mendapatkan dukungan dalam pengembangan pertanian, khususnya dalam membangun sistem irigasi di Kabupaten Samosir. Menanggapi usulan tersebut, Direktur Irigasi berjanji akan segera turun untuk melakukan survey di Kabupaten Samosir.

Selanjutnya, jajaran Dinas Ketapang dan Pertanian melakukan koordinasi dan menyerahkan proposal ke Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Dari pertemuan tersebut, Dirjen berjanji akan melakukan realokasi anggaran untuk pengembangan ubi jalar dan jagung, dalam bentuk pengadaan benih. Dirjen juga berharap agar Dinas Pertanian Kabupaten Samosir dapat menyiapkan Calon Penerima/Petani dan Calon Lokasi (CPCL) sehingga bantuan tersebut dapat membantu produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Samosir.

Melanjutkan kunjunganya di Kementan RI, Kadis Ketapang dan Pertanian beserta rombongan melakukan audiensi dengan Dirjen Perkebunan yang diterima langsung Direktur Tanaman Semusim dan Rempah. Direktur menyampaikan akan mengakomodir semua usulan untuk membantu pengembangan pertanian di Kabupaten Samosir, proposal tersebut akan dimasukkan kedalam anggaran tahun 2023.

Setelahnya, jajaran Dinas Ketapang dan Pertanian Kab. Samosir melakukan koordinasi dan penyerahan proposal ke Dirjen Hortikultura Kementan RI, yang diterima Sesdit Hortikultura. Sesdit Hortikultura menyambut baik dan antusias kedatangan rombongan Dinas Ketapang dan Pertanian Kab. Samosir, dengan harapan agar Dinas Pertanian dapat membudidayakan bawang putih di Kabupaten Samosir.

Sesdit juga berharap agar Dinas Ketapang dan Pertanian Kab. Samosir memasukkan usulan proposal budidaya bawang putih agar bisa diakomodir di tahun anggaran berikutnya. Dirjen Hortikulutura menyatakan kesiapan dan dukungannya untuk membantu pengembangan pertanian di Kabupaten Samosir, khususnya dalam menyukseskan program Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) di Kabupaten Samosir.

Menutup pertemuan tersebut, Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Dr. Tumiur Gultom menyampaikan bahwa Dinas Ketapang dan Pertanian Kab. Samosir akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian RI untuk mendapatkan dukungan dalam pengembangan program pertanian di Kabupaten Samosir sehingga mampu mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera.

Sejalan dengan itu, pertemuan dengan beberapa Dirjen di Kementan RI tersebut juga merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Pertanian kepada Bupati Samosir untuk menyiapkan proposal dan usulan program dalam 20 hari kerja sejak pertemuan tersebut. Bupati Samosir secara tegas menyatakan kesanggupan dengan menginstruksikan jajarannya di Dinas Ketapang dan Pertanian untuk segera melakukan koordinasi dan menyampaikan proposal ke beberapa Dirjen di Kementan RI.

 

Bagikan Artikel :

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search