skip to Main Content

Terima Audiensi dengan BPS Samosir, Bupati Harapkan Sinergitas dan Dukungan Data dalam Pencapaian Target Pembangunan Daerah

Kominfo Samosir – (12/5)

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom didampingi Pj. Sekda Hot Raja Sitanggang, Plt Kadis Kominfo Ricky Rumapea, menerima audiensi Badan Pusat Statistik (BPS) Samosir, di ruang kerja Bupati Samosir, Kamis (12/5).

Turut hadir Kepala BPS Samosir Freddy Situngkir, Pranata Komputer Ahli Muda Wivo Prawiska Sinaga, Statistisi Ahli Muda Roni Afrianto Hutapea, Statistisi Ahli Muda Amudi Pandapotan Saragih, Statistik Pertama Nancy Nenna Ibella Simarmata.

Mengawali pertemuan, Kepala BPS Samosir menjelaskan mengenai maksud dan tujuan jajarannya melakukan audiensi, dimana pihaknya ingin mendukung dan menyukseskan target pembangunan di Kabupaten Samosir dan menunjang pembuatan kebijakan di daerah berdasarkan data. Selain itu juga, Kepala BPS meminta dukungan Pemkab Samosir dalam menyukseskan Sensus Penduduk Lanjutan 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPS memaparkan data-data pembangunan Kabupaten Samosir dilihat dari angka, dalam hal ini disampaikan potret dan target indikator makro Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Samosir.

Dari data yang dipaparkan Kepala BPS, Pemerintah Kabupaten Samosir sudah mencapai beberapa target indikator RPJMD. Salah satu point yang harus dikejar adalah pertumbuhan ekonomi, hal ini disebabkan Pandemi COVID-19 yang mempengaruhi perekonomian Indonesia, termasuk Kabupaten Samosir.

Kepala BPS juga sangat mengapresiasi konsep yang diusung Bupati Samosir dalam mendukung pengembangan UMKM, karena dinilai akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Samosir, termasuk juga Program Bunga Desa yang diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan masyarakat desa dan pertumbuhan ekonomi di desa.

Dalam sambutannya, Bupati Samosir sangat mengapresiasi audiensi yang dilakukan jajaran BPS Samosir, karena mampu membuka cakrawala dan potret pembangunan Kabupaten Samosir secara statistik dan angka, yang kemudian akan membantu Pemkab Samosir dalam mengejar indikator target pembangunan daerah yang masih tertinggal.

Kedepannya juga, bupati mengharapkan seluruh jajarannya untuk menggandeng BPS dalam penyusunan dokumen perencanaan tahunan, agar data yang disajikan BPS dapat menjadi acuan dalam pencapaian target-target tahunan dan menganalisa indikator target pembangunan, termasuk didalamnya sebagai kerangka dalam melakukan akselerasi untuk meningkatkan kesehjateraan masyarakat.

Bupati Samosir juga optimis perekonomian di Kabupaten Samosir akan segera pulih seiring dengan meningkatnya investasi pemerintah, swasta, peningkatan UMKM dan geliat pariwisata di Kabupaten Samosir yang akhir-akhir ini kembali membaik.

“Harapannya kedepan, BPS bisa terus memberikan saran dan masukan bagi Pemkab Samosir dari sisi data, dan dan saling bahu membahu untuk memajukan pembangunan dan kesehjateraan masyarakat di Kabupaten Samosir” tutup Bupati Vandiko.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search