skip to Main Content

Bupati Samosir Terima Audiensi Majelis Umat Kristen Indonesia, Tekankan Peran MUKI dalam peningkatan partisipasi kaum Ama di Gereja

Kominfo Samosir (11/5)

Bupati Samosir mendukung kesediaan dan keinginan DPW MUKI membentuk Dewan Pengurus Daerah di Samosir. Hal ini disampaikan Bupati saat menerima audiensi Dewan Pengurus Wilayah(DPW) Majelis Ulama Kristen Indonesia Sumut di Ruang Kerjannya, Rabu (11/05).

Disampaikan, MUKI sebagai wadah ormas keumatan dapat bersinergi dengan Pemkab Samosir terutama dalam meningkatkan partisipasi kaum Ama/ bapak di gereja (ibadah di gereja), serta memberikan masukan kepada pemerintah.

Menurut Bupati, fenomena minimnya partisipasi kaum Ama/ Bapak digereja tidak bisa dibiarkan dan dianggap remeh. Dampaknya akan sangat fatal bagi anak-anak atau generasi muda, dapat mengakibatkan kurangnya iman dan kepercayaan.
Untuk itu diharapkan DPW maupun DPD MUKI Samosir untuk serius mengatasi ironi yang semakin kritis. “Bagaimana kita membuat mereka berpartisipasi dalam gereja (beribadah), memberikan motivasi melalui berbagai pemberdayaan” tambahnya.

Melihat kondisi ini, Bupati Samosir mengatakan telah membuat kebijakan agar seluruh pejabat, pegawai maupun THL untuk pulang ke kampung masing-masing setiap hari minggunya untuk bergereja sebagai contoh kepada masyarakat. Sebagai pemimpin di Samosir, Bupati juga melaksanakan ibadah secara bergantian di gereja-gereja yang ada di Samosir untuk memberi contoh kepada masyarakat terutama kaum bapak.

Bupati Samosir menambahkan Pemkab Samosir kini menjalin kerjasama dengan gereja-gereja. Melakukan pembinaan, pendampingan dan pelatihan dalam pengembangan UMKM seperti yang dilakukan HKBP mengembangkan UMKM disetiap resort dan GPdI dalam peternakan.

“Kami tetap membuka diri bagi siapapun yang berperan dalam pembangunan di Kabupaten Samosir dan saya senang terhadap program MUKI menyerap aspirasi masyarakat serta program pemberdayaan umat” tutup Bupati samosir

Ketua DPW MUKI Sumut Dedi Mauritz W. Simanjuntak menyampaikan, kehadiran MUKI sebagai organisasi keumatan Akibat banyaknya persekusi terhadap gereja.
Selain itu kepengurusan MUKI disetiap daerah akan berkoordinasi dan membantu sekaligus mitra pemerintah daerah dalam menyelesaikan permasalahan agama dan kerohanian yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. MUKI juga akan menampung aspirasi umat dan melakukan pemberdayaan kata Simanjuntak kepada Bupati Samosir.

Ditambahkan, Kepengurusan DPD MUKI Samosir dalam Waktu dekat akan dilantik sehingga apa yang menjadi arahan Bupati Samosir tentang kurangnya partisipasi kaum Ama/ bapak dalam gereja akan menjadi program utama.

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search