skip to Main Content

Bupati Samosir Mengukuhkan Desa Wisata Sijambur dan Pokdarwis O2 Lumban Pongki

Sijambur, Kominfo Samosir (28/10)
 
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom mengukuhkan Desa Wisata Sijambur dan Pokdarwis O2 Lumban Pongki, Kecamatan Ronggurnihuta, Kamis (28/10).
 
Dalam laporannya, Kadis Pariwisata Dumosch Pandiangan menyampaikan bahwa pengukuhan Desa Wisata Sijambur merupakan upaya pembangunan pariwisata berkelanjutan dengan memperhatikan arahan Bupati Samosir yaitu pelibatan orang-orang muda yang kreatif. 
 
Dumosch juga memaparkan bahwa usulan Desa Wisata Sijambur diinisiasi Pemerintah Desa Sijambur secara berjenjang kepada Pemerintah Kabupaten Samosir. Wisata utama yang ditawarkan adalah penangkaran lebah madu secara alami dan pengolahan minyak serai wangi
 
Selain itu, Dumosch juga berharap Desa Wisata Sijambur menjadi pusat pendidikan dan wisata edukasi perlebahan serta menjadi barometer permaduan di Sumatera Utara ke depan. 
 
Sebelum acara pengukuhan, penasehat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Samosir Inspirator Lebah Madu Indonesia (ILMI) Marhuale Simbolon meminta masyarakat untuk tidak bernubuat tetapi berbuat. “Jangan berwacana, tetapi mari tunjukkan aksi nyata,” kata Marhuale untuk pengembangan ekonomi kreatif pada bidang pertanian, peternakan, dan perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
 
Dalam sambutannya Bupati Samosir menyampaikan selamat atas ditetapkannnya sebagai desa wisata dan kepada Pokdarwis. Bupati juga mengapresiasi keluarga besar Tamba yang telah menjadi contoh yang baik dalam memelihara alam yaitu tidak menebang pohon untuk keuntungan sesaat. 
 
“Keluarga ini merupakan keluarga yang visioner dan contoh yang baik,” kata Bupati setelah mendengar pemaparan keluarga besar Tamba awal sebelum ditetapkannya tanah di lokasi mereka menjadi desa wisata.
 
Selain itu Bupati juga mengajak masyarakat desa untuk tetap bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Pemerintah, lanjut Bupati, hadir untuk memberikan pendampingan dalam bentuk pelatihan-pelatihan untuk memberdayakan desa dengan memelihara kelestarian alam dalam mengembangkan potensi alam desa demi kesejahteraaan masyarakat.
 
Selesai acara pengukuhan, Bupati didaulat untuk menggunting pita pembukaan Desa Wisata Sijambur, menikmati produk madu dan kopi madu yang disiapkan panitia. Selain itu Bupati beserta rombongan melakukan penanaman pohon Kaliandra yang diharapkan sebagai pakan lebah dan meninjau tempat pengolahan serai wangi yang mampu mengolah dua liter per harinya.
 
Di akhir acara, pengurus Pokdarwis O2 menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Samosir dan memberikan ulos kepada Bupati beserta rombongan serta berharap agar Pemkab tetap memfasilitasi pengembangan Desa Wisata Sijambur terutama pembenahan-pembenahan fasilitas yang ada.
Bagikan Artikel :
Back To Top
Search