skip to Main Content

Bupati Samosir Buka Bimtek Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Vantas Hotel

Pangururan, Kominfo Samosir (1/10)

Bupati Samosir yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Mangihut Sinaga membuka kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Vantas Hotel ,Jumat (1/10).

Kegiatan ini merupakan realisasi program kerja Bupati/Wakil Bupati Samosir dalam pengembangan sumber daya manusia menggunakan teknologi informasi dan informasi dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Kepala Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kominfo Medan Irbar Samekto mengatakan saat ini pemerintah tengah berupaya melakukan percepatan transformasi digital dalam berbagai bidang kehidupan. Selain itu, lanjut Irbar, informasi teknologi juga memberikan kemudahan-kemudahan yang harus optimalkan untuk kehidupan kita sehari-hari.

Bupati Samosir dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Mangihut Sinaga menyampaikan terima kasih kepada BPPSDM Kominfo Medan atas respon cepat merealisasikan kegiatan ini atas usulan Dinas Kominfo Samosir beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 pelaku UMKM di Kabupaten Samosir melalui pendaftaran secara daring. Sehari sebelum kegiatan, para peserta diuji swab untuk memastikan peserta bebas infeksi Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten.

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakara dengan paparan UMKM dan Digitalisasi dan Kadis Nakerkoperindag Vikbon Simbolon dengan paparan Peningkatan Pemanfaatan Marketplace Untuk Penguatan Ekosistem Ekonomi Digital.

Para pelaku UMKM akan dibekali pemasaran digital terkait (1) Business Model Canvas; (2) Konten Kreatif/Copywriting; (3) Membuat Website; (4) Optimalisasi Mesin Pencari (SEO); (5) Pengelolaan Aplikasi Media Sosial; dan (6) Marketplace.
Kadis Kominfo Rohani Bakara menjelaskan kegiatan ini merupakan realisasi visi Kabupaten Samosir yaitu: “terwujudnya masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat secara Ekonomi, Kesehatan, dan Pendidikan.” Secara ekonomi, lanjut Rohani, melalui kegiatan ini para pelaku UMKM memiliki keterampilan digital dalam memasarkan produk-produknya agar laku dijual secara luas dengan tetap memperhatikan kualitas produk-produk yang dipasarkan.

Kadis Nakerkoperindag Vikbon Simbolon berharap para pelaku UMKM memanfaatkan peluang-peluang bisnis pasca pandemi menjadi endemi. Para pelaku UMKM, lanjut Vikbon, harus menjadi pemain dan bukan penonton terkait peluang bisnis di Samosir.

Pada kesempatan itu, Bupati Samosir melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Mangihut Sinaga juga memberikan cindera mata ulos kepada Kepala BPPSDM Kominfo Medan Irbar Samekto sebagai cinta kasih dan persaudaraan bagi tamu yang datang Samosir.

“Kiranya kegiatan ini dapat lebih ditingkatkan pada waktu mendatang untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Samosir,” kata Mangihut menutup sambutannya pada saat memberi cindera mata.

Bagikan artikel:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search