skip to Main Content

Forkompimda dan Satgas Penanganan Covid-19 Samosir Tinjau Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

Pangururan, Kominfo Samosir (6/9)

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, S.T., Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, S.H., M.H., Kajari Samosir Andi Adikawira Putera, S.H., M.H. selaku Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SMA Negeri 1 Pangururan, Senin (6/9).

Hari ini, Senin (6/9/2021) merupakan hari pertama pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada jenjang SMA/SMK setelah kurang lebih satu setengah tahun sejak Maret 2020 lalu melakukan pembelajaran dalam jaringan (daring) akibat pandemi Covid-19.

Forkopimda dipandu Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan, Balige, Provinsi Sumatera Utara Drs. Alfred H. Silalahi, M.Si. dan Kepala SMA Negeri 1 Pangururan Bilpon Simbolon, S.Pd., M.M. meninjau ke lokasi ruang kelas menyapa para siswa yang melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Sebelum meninjau ruang kelas, Forkompimda melakukan dialog dengan para pengelola sekolah terkait pelaksanaan protokol kesehatan. Alfred H. Silalahi, Kacabdis, menjelaskan bahwa seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Negeri 1 Pangururan telah menerima vaksinasi tahap 1 dan 2. Selain itu, 60% dari jumlah siswa SMA Negeri 1 Pangururan juga telah menerima vaksinasi tahap 1 dan 2.

Pada kesempatan itu, Forkompimda juga meninjau fasilitas gedung SMA Negeri 1 untuk mendukung pelaksanaan PTMT terutama protokol kesehatan.

Bupati Samosir memberi semangat kepada seluruh siswa untuk tetap mengikuti pembelajaran dengan serius dan menghindari euforia setelah lama tidak berjumpa tatap muka dengan teman-teman mereka. “Segera selesai pembelajaran, kalian harus langsung pulang dan jangan berkerumun di jalanan atau di tempat-tempat lain,” kata Bupati dan menekankan pentingnya melakukan protokol kesehatan sebelum dan sesudah pembelajaran.

Setelah meninjau PTMT, Forkompimda juga meninjau kesiapan SMP Negeri 1 Pangururan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka. Di hadapan guru dan kepala sekolah, Bupati Samosir mengajak seluruh pendidik dan tenaga kependidikan untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten. Kapolres Samosir menambahkan bahwa Polres Samosir siap mendukung pengamanan PTMT secara penuh melalui komunikasi yang terus menerus. Kajari Samosir dalam arahannya juga menyampaikan bahwa saat ini kita bukan bebas dari Covid-19 namun perlu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin untuk menghindari terjadinya klaster baru di sekolah.

Saat meninjau kesiapan, Forkompimda juga memonitoring kesiapan SMP Negeri 1 Pangururan sebagai lokasi pelaksanaan tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang akan dilakukan pada 14 sampai dengan 28 September 2021 dan rencananya akan diadakan simulasi pelaksanaan tes menurut protokol kesehatan yang telah ditetapkan pada Standar Operasiona Prosedur oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Samosir sebelum pelaksanaan tes dimaksud untuk memastikan tidak terjadinya kerumunan pada saat pelaksanaan kegiatan.

Turut mendampingi Forkompimda Samosir, Asisten Administrasi Umum, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Kominfo, Plt. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Samosir.

PTMT ini dilakukan tiga tim yang dipimpin oleh Bupati Samosir, Wakil Bupati Samosir, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir di sembilan kecamatan di Kabupaten Samosir secara serentak.

Bagikan artikel:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
Search