skip to Main Content

Bupati Samosir Harapkan Sinergitas Gereja Dalam Mendukung Program Pemerintah

Kominfo Samosir (20/8)

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyampaikan paparan Sinergitas Pemerintah dan Gereja dalam Pembangunan, pada rangkaian acara Rapat Pendeta HKBP Distrik VII Samosir yang digelar di Gereja HKBP Bolon Pangururan, Jumat (20/8).

Dalam paparannya Bupati menjabarkan Visi dan Misi Kabupaten Samosir yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Samosir 2021-2026. Samosir menetapkan Visi nya yaitu terwujudnya masyarakat samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan dan dijabarkan dalam 3 Misi yakni, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, responsif dan bersih, membangun kemandirian ekonomi berbasis pertanian dan pariwisata berkelanjutan yang didukung infrastruktur dasar yang berkualitas dan meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan sumber daya manusia yang berkepribadian dan berbudaya.

Untuk mencapai Visi dan Misi tersebut, Vandiko mengungkapkan akan menggunakan strategi dengan cara mengembangkan sistem pemerintahan yang terintegrasi, penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, peningkatan kapasitas SDM dan inovasi sektor unggulan, peningkatan infrastruktur yang berkelanjutan, pemenuhan hak dasar warga miskin, peningkatan kualitas manajemen dan layanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan daya saing pendidikan, pemberdayaan masyarakat, internalisasi nilai-nilai budaya dan pengembangan penguatan budaya lokal.

Selanjutnya disampaikan bahwa ada 10 proyek unggulan/program pembangunan daerah diantaranya tenaga medis handal, peningkatan dan pemerataan jalan dan jembatan penghubung antar desa, peningkatan kemampuan guru, pemberian dan inisiasi sekolah vokasi/akademi komunitas dan pemberian beasiswa pada pelajar kurang mampu dan berprestasi, pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan atau BPJS gratis, pembangunan infrastruktur jalan desa irigasi, air bersih dan tata kelola persampahan dan pengadaan alat berat untuk pembukaan jalan strategis dan peningkatan kualitas layanan jaringan telekomunikasi dan internet diseluruh Kabupaten Samosir. Termasuk pengadaan air minum, pembangunan pariwisata yang melibatkan para pemuda dan masyarakat, pembentukan UMKM dengan menghadirkan UMKM 6 produk di 128 desa dan 6 kelurahan dan yang terakhir ketersediaan pupuk dan bibit yang merata.

Mengakhiri paparannya, Bupati juga berharap peran serta gereja dalam mendukung kebijakan Pemkab Samosir untuk mencapai target kinerja sesuai RPJMD 2021-2026 dan secara khusus dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Bupati juga berharap dukungan gereja dan tenaga medis dari yayasan HKBP untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Samosir dan turut serta mensosialisasikan pemahaman dalam
menerapkan protokol kesehatan kepada jemaat.

Rapat ini dihadiri oleh Praeses HKBP dan seluruh Pendeta HKBP Distrik VII Samosir, dan akan dihadiri oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butar-butar

Bagikan Artikel :
Back To Top
Search