skip to Main Content
Samosir Kembangkan 2 Destinasi Wisata Baru
Pertunjukan Sigale-gale telah mengakar ratusan tahun di Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, Sumatera Utara.(ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU)

Samosir Kembangkan 2 Destinasi Wisata Baru

SAMOSIR, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, mengonsep Balai Benih Ikan dan pembangunan Patung Yesus menjadi kawasan tujuan wisata baru di “Negeri Indah Kepingan Surga” ini. “Pemandangan alam dan perairan Danau Toba di dua tempat itu sangat indah, cocok untuk dikembangkan,” kata Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Jumat (11/5/2018). Di Balai Benih Ikan (BBI), Kecamatan Harian Boho, nantinya, wisatawan bisa memancing dan menangkap ikan, sedangkan di kawasan Patung Yesus, Kecamatan Harian, menjadi wisata rohani.

Pemkab setempat membuka akses jalan yang layak menuju lokasi yang akan mendukung daerah wisata air terjun Efrata, Bukit Cinta dan Menara Pandang Tele. Bupati berpesan kepada pengelola BBI agar memperluas pola pikir untuk mengembangkan potensi yang ada dengan menanami buah-buahan, seperti pepaya dan jagung.

Diharapkan juga dukungan dan partisipasi masyarakat sekitar dalam penuntasan pembangunannya, karena akan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro mengatakan, dua kawasan baru itu akan dimasukkan menjadi sebuah paket wisata. Kabupaten Samosir memiliki ratusan destinasi wisata alam, budaya dan situs sejarah yang tersebar di sembilan kecamatan, dan memasukkan puluhan kegiatan seni budaya lokal dan internasional dalam pergelaran tahunan, Horas Samosir Fiesta. Ombang menegaskan keseriusan pemerintah setempat mendukung pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba yang ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Samosir Kembangkan 2 Destinasi Wisata Baru”, https://travel.kompas.com/read/2018/05/11/121700527/samosir-kembangkan-2-destinasi-wisata-baru
Editor : I Made Asdhiana

Bagikan artikel:
Back To Top
×Close search
Search