skip to Main Content
Rapat Koordinasi Kelanjutan Proses Pencarian Dan Penyelamatan Korban KM. Sinar Bangun Di Posko Simanindo

Rapat Koordinasi kelanjutan proses Pencarian dan penyelamatan Korban KM. Sinar Bangun di Posko Simanindo

Tim Basarnas : Melihat kedalaman bangkai kapal dan korban sekitar 450 meter sangat sulit melakukan evakuasi.

Rapat bersama antara Pemerintah Kabupaten Samosir, Basarnas, TNI, Polisi, tokoh masyarakat, dan keluarga korban KM. Sinar Bangun di posko Simanindo dilakukan di Posko Dapur Umum di Pelabuhan Simanindo (1/7).

Bupati Samosir Rapidin Simbolon membuka rapat koordinasi mengenai kelanjutan proses penyelamatan dan pencarian Korban KM. Sinar Bangun. Sebagai tim yang memimpin proses pencarian yaitu Basarnas Bupati mempersilahkan Tim Basarnas menjelaskan hal hal yang sudah dan akan dilakukan oleh Basarnas.

Agus Haryono Kasubdit di Basarnas sebagai perwakilan menjelaskan bahwa Tim Basarnas sudah berupaya dengan berbagai cara mulai dari melibatkan penyelam, helikopter, alat Sonar dan sampai robot ROV. Robot yang diturunkan sudah mendapatkan titik koordinat dan bahkan foto-foto korban dan kendaraan yang dibawa kapal sudah didapat. ROV tersebut sempat nyangkut di dasar danau terlilit tali dikarenakan alat tersebut dikendalikan jarak jauh. Tali pengontrolnya putus dan Basarnas sempat pasrah, tetapi karena alat tersebut memiliki pelampung alatnya naik sendiri kepermukaan terangnya.

Dengan kedalaman penemuan kapal dikedalaman 450 meter dengan arus air yang sangat kencang sangat sulit untuk menarik kapal dan mengevakuasi para korban. Untuk melakukan penyelaman untuk menyangkutkan alat penarik sangat mustahil dilakukan kemampuan penyelam biasanya kedalaman sampai 30 s. d 40 meter imbuhnya menambahkan.
Bupati Samosir menyampaikan penegasan tentang penjelasan dari Tim Basarnas dan menyampaikan kepada keluarga korban dan tokoh masyarakat untuk memberi tanggapan mengenai penjelasan ini. Sebagian besar keluarga korban dan tokoh masyarakat mengharapkan agar proses pencarian tetap dilakukan. Perwakilan Basarnas menyatakan bahwa usulan keluarga korban dan tokoh masyarakat akan disampaikan kepada kepala Basarnas.

   

Bagikan artikel:
Back To Top
×Close search
Search