skip to Main Content
RAPAT FKPD MEMBAHAS ISU STRATEGIS KABUPATEN SAMOSIR

RAPAT FKPD MEMBAHAS ISU STRATEGIS KABUPATEN SAMOSIR

Bertempat di Aula Hotel JTS Parbaba, Senin (17/12) dilaksanakan Rapat Kerja FKPD ( Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Samosir acara yang dihadiri oleh Bupati Samosir, Ketua DPRD, Dandim 0210 Tapanuli Utara, Kapolres Samosir, Kajari Samosir para Kepala OPD, para Camat seKab. Samosir, dan Kepala Desa seKab. Samosir.

Adapun rapat ini ditujukan untuk kesiapan Pemkab dan Masyarakat Samosir dalam pelaksanaan pemilu 2019, Kesiapan pengamanan tahap pemilu 2019, Kesiapan pengamanan perayaan Natal dan Tahun baru 2019, Kesiapan menjelang lonjakan kunjungan wisata libur Natal dan Tahun baru 2018, dan issu strategis dalam menjelang Pilpres dan Pileg

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dalam sambutannya menyampaikan pemaparan tentang program-program yang telah dilaksanakan maupun dalam tahap pelaksanaan Kab. Samosir
1. Pelebaran dan Preservasi Jalan Nasional Lingkar Pulau Samosir; #Preservasi dan Pelebaran jalan Pangururan-Ambarita-Tomok-Onanrunggu (Samosir I) #Preservasi dan Pelebaran Jalan Tele-Pangururan-Nainggolan-Onanrunggu (Samosir II) 2. Pelaksanaan Pembangunan Alur Tano Ponggol 3. Peningkatan Dermaga Ambarita dan Dermaga Simanindo 4.Peningkatan Jalan Strategis Kabupaten Samosir 5.Peningkatan Jalan Pariwisata Kab. Samosir 6.Penataan Objek Wisata di Kabupaten Samosir.

Lebih lanjut disampaikan dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kenyamanan para wisatawan dibentuk Tim Ad Hoc oleh Kementrian Perhubungan untuk meningkatkan keselamatan dalam pelayaran angkutan sungai dan danau di Danau Toba, Pelaksanaan Rampchek terhadap kapal yang ada di Kab. Samosir sekaligus sosialisasi keselamatan.

Pembuatan Manifest di seluruh pelabuhan yang ada di Kab. Samosir, Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan petugas keselamatan pelayaran, Diklat BST (Basic Safety Training) dan Diklat untuk penerbitan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) bagi para awak kapal/nahkoda.

Pemberian Life Jacket untuk kapal yang ada di Simanindo, Tomok, Nainggolan, dan Onan Runggu, Pembongkaran top deck 3 Kapal KM. Dosroha 05 dan KM. Martauli di Tomok. Dan akan dilakukan Pembuatan tanda lambung timbul kapal, pembongkaran top deck 3 kapal, Pembongkaran teralis besi pada kaca dan jendela kapal, Pembinaan terus menerus kepada operator kapal dan melarang penumpang naik di atas atap kapal, Melakukan pengawasan Alat Keselamatan Pelayaran dan pengecekan sebelum kapal berlayar di setiap dermaga.

Untuk pengamanan Via darat Pemkab Samosir dan TNI/Polri beserta stakeholder terkait terbentuk dalam satu Tim akan menggelar pengamanan/ pengendalian Lalu lintas di titik Rawan terjadi Lonjakan dan pada obyek-obyek Wisata di Kab. Somosir, memerintahkan Camat berkoordinasi dengan Kapolsek dan Danramil bersama aparat Pemerintah Desa untuk menjaga kondusifitas libur Natal dan Tahun Baru.

Ketua DPRD Rismawati Simarmata menyampiakan turut belasungkawa atas kejadian banjir yang terjadi di setiap Desa. Menjelang libur Natal dan Tahun baru di harapkan kepada Aparatur Desa bersosialisasi dengan masyarakat agar ramah tamah dalam menyambut para wisatawan, dan untuk pemilu Pilpres dan Pileg agar tetap menjaga solidaritas dan integritas menjelang pemilihan dan waktu pemilihan berlangsung.

Dandim dalam laporan yang diwakili oleh Kasdim Keles Sinaga Kesiapan PAM Kodim dan Polres dalam penangamanan Natal dan Tahun Baru 2018. Potensi Kerawanan dalam rangka persiapan Pileg dan Pilpres; 1. Panatisme Pendukung (jangan sampai terpecah belah karna politik) 2. Bentrok dan Penggelapan hasil suara 3. Harus bersifat Netral dan Independen 4. Potensi Konflik 5. Gangguan Kamtibnas 6. Debat politik dan Debat kandidat.

Adapun beberapa issu strategis menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 ; – Sembako Naik/Harga Melonjak, – Kelangkaan BBM, – Kemacetan Lalulintas, – Pencurian, – Pengunjung Melonjak, – Penyusupan/Sabotase, – Hoax
Kajari Samosir yang diwakili oleh Kasidatun Saut B. Damanik dalam laporannya menyampaikan menyambut libur akhir tahun diharapkan kepada masyarakat bersikaplah dengan ramah tamah dalam menyambut para wisatawan. Menjelang Pemilu Pilpres dan Pileg mari kita jaga kenetralan dalam pemilihan calon. Mari kita sambut tahapan- tahapan pemilu ini dengan baik, jangan sampai terpancing karna isu politik yang belum pasti kebenarannya.

Kapolres Samosir Agus Darojat menyampaikan pemaparan menjelang Natal dan Tahun Baru, Persiapan pelaksanaan Ops Lilin Toba merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran para pengendara untuk berhati hati dalam mengendarai sepeda motor, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Mari kita taati semua peraturan peraturan yang sudah tertera demi keamanan dan kenyamanan kita bersama,

Mengamankan gereja selama ibadah berlangsung dengan komunikasi 3 pilar. Ada beberapa penyebab permasalahan yang sering terjadi dalam pileg dan pilpres salah satunya dengan pembakaran atribut-atribut kampanye, membuat berita ujar kebencian dengan mengadu domba ( berita Hoax ), oleh karna itu diharapkan kepada seluruh masyarakat Samosir kita jaga kesatuan dalam mendukung kelancaran Pemilu 2019.

Dan untuk pengamanan jalan agar melakukan pengendalian dan pengaturan lalu lintas, melakukan pengawasan terhadap Bongkar/Muat Barang dan Pengawasan Penumpang, memberikan Informasi yang dibutuhkan oleh Pemudik/Pengunjung
Lebih lanjut disampaikan untuk pengamanan Lalu Lintas Hari Natal dan Tahun Baru dilaksanakan selama 15 Hari terhitung mulai tanggal 22 Des 2018 S.D 05 Jan 2019. FKPD Samosir bersama dan bersatu mewujudkan Samosir Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top
×Close search
Search